Cara Membuat Keripik Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat keripik kentang sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, keripik kentang juga merupakan camilan yang mudah untuk dibuat dan bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu senggangmu di rumah. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan keripik kentang, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Kentang
4 buah (ukuran sedang)
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat keripik kentang yang sederhana:

1. Mencuci dan Mengupas Kentang

Pertama-tama, cuci kentang sampai bersih dan kupas kulitnya dengan pisau atau pengupas kentang. Setelah itu, iris kentang tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 1-2 mm.

2. Merendam Kentang dalam Air Garam

Selanjutnya, rendam irisan kentang dalam air garam selama 30 menit agar kentang menjadi lebih kering dan renyah saat digoreng. Setelah itu, tiriskan kentang dari air garam.

3. Menggoreng Kentang dalam Minyak Panas

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng irisan kentang dalam minyak panas sampai kering dan renyah. Angkat kentang dari minyak dan tiriskan.

4. Mengasinkan Kentang

Setelah itu, taburkan garam secukupnya pada kentang yang masih panas dan asinkan kentang tersebut di atas kertas minyak untuk menghilangkan sisa minyak yang menempel.

5. Sajikan dan Nikmati

Keripik kentang siap disajikan dan dinikmati sebagai cemilan di waktu senggang kamu. Selamat mencoba!

Tips Membuat Keripik Kentang yang Lebih Renyah

Agar keripik kentang yang kamu buat lebih renyah, ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

TRENDING 🔥  Cara Meneliti Bakso Daging Tikus Sederhana

1. Memilih Kentang yang Tepat

Memilih kentang yang tepat juga berpengaruh pada hasil akhir dari keripik yang kamu buat. Pilih kentang jenis Chipper atau Atlantic yang kaya akan pati.

2. Mencuci Kentang dengan Air Garam

Selain merendam kentang dalam air garam, kamu juga bisa mencuci kentang dengan air garam sebelum mengupas kulitnya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban pada kentang agar keripik lebih renyah.

3. Menggoreng dengan Minyak yang Banyak

Goreng kentang dalam minyak yang banyak dengan suhu yang stabil dan jangan terlalu panas. Hal ini akan membuat kentang lebih cepat matang dan renyah.

4. Mengasinkan Kentang dengan Tepat

Setelah kentang digoreng, jangan langsung dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Sebaiknya asinkan kentang di atas kertas minyak atau tissue agar sisa minyak yang menempel bisa terserap dengan baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah keripik kentang bisa disimpan?

Ya, kamu bisa menyimpan keripik kentang dalam wadah tertutup dan disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Keripik kentang bisa tahan hingga beberapa hari.

2. Apa saja variasi rasa keripik kentang?

Terdapat berbagai macam variasi rasa keripik kentang, seperti original, balado, keju, barbeque, pedas, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencoba variasi rasa yang disukai.

3. Apakah kentang harus diiris tipis-tipis?

Ya, kentang sebaiknya diiris tipis-tipis agar dapat matang dengan sempurna dan menghasilkan keripik yang renyah.

4. Apakah keripik kentang sehat?

Tergantung pada cara pembuatannya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, keripik kentang bisa menjadi tidak sehat karena tinggi kalori dan mengandung banyak garam. Namun, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, keripik kentang bisa menjadi camilan yang sehat dan enak.

TRENDING 🔥  Soal dari Tata Cara atau Prosedur Pencatatan Keuangan Sederhana

5. Apakah keripik kentang bisa dibuat tanpa minyak goreng?

Ya, kamu bisa memanggang keripik kentang di dalam oven tanpa menggunakan minyak goreng. Namun, hasilnya mungkin tidak secrispy keripik kentang yang digoreng di dalam minyak goreng.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Keripik Kentang Sederhana