Cara Membuat Keripik Bawang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat keripik bawang yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Keripik bawang adalah makanan ringan yang biasanya disajikan sebagai camilan atau pelengkap makan. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat keripik bawang, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Bawang merah
500 gram
Tepung terigu
200 gram
Tepung beras
50 gram
Tepung maizena
50 gram
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Jangan lupa mencuci bersih bawang merah sebelum digunakan. Selanjutnya, iris tipis bawang merah dan siapkan bahan lainnya.

Langkah Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat keripik bawang sederhana:

1. Campurkan Tepung

Campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata.

2. Celupkan Bawang ke dalam Adonan Tepung

Celupkan irisan bawang merah ke dalam adonan tepung yang sudah dicampur. Pastikan bawang terlapisi adonan dengan merata.

3. Panaskan Minyak Goreng

Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan di atas api sedang hingga minyak cukup panas untuk menggoreng keripik.

4. Goreng Bawang

Setelah minyak cukup panas, goreng irisan bawang merah yang sudah terlapisi tepung hingga warnanya kecokelatan. Pastikan Anda mengaduk keripik bawang secara terus-menerus agar tidak gosong dan matang merata.

5. Tiriskan dan Sajikan

Tiriskan keripik bawang yang sudah matang dan sajikan. Keripik bawang siap dinikmati sebagai camilan atau pelengkap makan.

FAQ

Q: Apa yang harus dilakukan jika adonan tepung terlalu kental atau terlalu encer?

A: Jika adonan tepung terlalu kental, tambahkan sedikit air. Jika adonan terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gado-Gado Sederhana

Q: Apakah keripik bawang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama?

A: Keripik bawang dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering. Keripik bawang dapat tahan hingga satu minggu.

Q: Apakah bisa menggunakan bawang putih untuk membuat keripik?

A: Tentu saja, Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai bahan utama untuk membuat keripik. Namun, bawang merah lebih banyak dipilih karena rasanya yang lebih manis dan cocok sebagai camilan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat keripik bawang sederhana yang enak dan mudah, kan? Anda dapat mencoba resep ini di rumah untuk dijadikan camilan atau pelengkap makan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Keripik Bawang Sederhana