Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat karedok kacang panjang sederhana. Karedok adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari sayur-sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang. Karedok kacang panjang lebih spesial karena menggunakan bahan dasar kacang panjang yang mempunyai cita rasa yang khas dan nikmat. Simak artikel ini sampai habis ya!

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kacang panjang
300 gram
Tauge
100 gram
Ketimun
1 buah
Tomat
2 buah
Cabai rawit
3 buah
Bawang putih
3 siung
Kacang tanah
100 gram
Asam jawa
1 buah
Gula merah
50 gram
Garam
secukupnya
Air
500 ml

Langkah-langkah pembuatan

1. Menyiapkan bahan

Pertama, cuci bersih kacang panjang, tauge, ketimun, dan tomat. Potong-potong kacang panjang dan ketimun sesuai selera. Iris halus bawang putih dan cabai rawit. Cincang kasar kacang tanah.

2. Membuat bahan kacang

Sangrai kacang tanah hingga matang dan berwarna kecoklatan. Haluskan kacang tanah sangrai tersebut dengan menggunakan blender atau cobek. Pisahkan hasil blender dengan ampasnya menggunakan saringan halus. Setelah itu, rebus air dalam panci hingga mendidih dan masukkan gula merah, asam jawa, dan sedikit garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Setelah itu, masukkan bumbu halus kacang tanah dan aduk merata hingga bahan kacang matang dan kental.

3. Membuat karedok

Siapkan daun kemangi dan daun kubis sebagai pelengkap. Setelah itu, campurkan potongan kacang panjang, tauge, ketimun, dan tomat dalam satu wadah. Tuangkan bahan kacang ke dalam wadah yang berisi sayuran. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata. Karedok kacang panjang sederhana siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Amperemeter Sederhana

FAQ tentang Karedok Kacang Panjang Sederhana

Q: Karedok kacang panjang itu rasanya seperti apa?

A: Karedok kacang panjang mempunyai cita rasa yang khas karena menggunakan bahan dasar kacang panjang. Rasanya asam gurih dan sedikit pedas karena menggunakan bumbu kacang dan cabai rawit.

Q: Bisakah menggunakan sayuran lain selain kacang panjang?

A: Bisa. Sobat Sederhana dapat menggunakan sayuran lain seperti mentimun, kol, daun singkong, dan lain sebagainya sesuai selera.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat karedok kacang panjang?

A: Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit tergantung keahlian dan pengalaman. Namun, hasilnya akan sangat memuaskan.

Q: Apakah karedok kacang panjang sederhana itu sehat?

A: Karedok kacang panjang sederhana sangat sehat karena mengandung banyak serat dan vitamin. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan terlalu banyak bumbu kacang agar tidak terlalu banyak kalori dalam makanan.

Penutup

Semoga artikel tentang cara membuat karedok kacang panjang sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Jangan lupa mencoba resep ini di rumah ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Sederhana