Cara Membuat Kandang Tokek Sederhana

Hello Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang tokek sederhana. Kandang tokek merupakan tempat yang dibutuhkan bagi kamu yang ingin beternak tokek atau sekedar memelihara tokek sebagai hewan peliharaan. Membuat kandang tokek sendiri dirumah tentunya lebih ekonomis dibandingkan dengan membelinya di toko. Berikut adalah panduan lengkap cara membuat kandang tokek sederhana.

Bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kandang tokek, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

1.
Papan kayu
2.
Kawat ayam
3.
Paku kayu
4.
Tali rafia
5.
Rafia atau daun pandan
6.
Kain flanel atau kain perca
7.
Kaca atau plastik bening
8.
Sekrup
9.
Pot

Pastikan semua bahan tersebut sudah kamu persiapkan sebelum memulai membuat kandang tokek sederhana.

Langkah-langkah membuat kandang tokek sederhana

Setelah kamu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, kamu bisa memulai membuat kandang tokek sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat bingkai kandang

Pertama-tama, kamu bisa membuat bingkai kandang menggunakan papan kayu. Potong papan kayu dengan ukuran yang kamu inginkan, kemudian gabungkan dengan menggunakan paku kayu dan sekrap.

2. Menutup sisi kandang dengan kawat ayam

Setelah bingkai kandang selesai, kamu bisa menutup sisi kandang dengan kawat ayam. Gunakan tali rafia untuk mengikat kawat ayam pada bingkai kandang. Pastikan kawat ayam rapat agar tokek tidak bisa keluar dari kandang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Air Sederhana dari Bambu untuk Sobat Sederhana

3. Membuat tempat bertengger

Buatlah tempat bertengger untuk tokek dengan menggunakan kain flanel atau kain perca. Tempatkan kain flanel pada sudut kandang dan rapatkan tali rafia agar kain flanel tidak mudah terlepas dari bingkai kandang.

4. Membuat tempat makan dan minum

Buatlah tempat makan dan minum dengan menggunakan pot kecil. Tempatkan pot kecil pada sudut kandang dan berikan air bersih di dalamnya. Pastikan tempat makan dan minum selalu bersih agar tokek tidak sakit.

5. Menutup atap kandang dengan kaca atau plastik bening

Terakhir, tutuplah atap kandang dengan menggunakan kaca atau plastik bening. Hal ini bertujuan agar tokek mendapatkan sinar matahari yang cukup dan kamu bisa memantau aktivitas tokek dari luar kandang.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa besar ukuran kandang tokek yang ideal?

Ukuran kandang tokek yang ideal adalah 30x30x50 cm untuk tokek dewasa. Namun, jika kamu memiliki tokek yang lebih besar atau masih dalam tahap pertumbuhan, kamu bisa menyesuaikan ukuran kandang sesuai dengan kebutuhan tokek tersebut.

2. Apa saja makanan yang cocok untuk tokek?

Tokek merupakan hewan pemakan serangga, jadi makanan yang cocok untuk tokek adalah serangga seperti jangkrik, belalang, dan ngengat. Kamu bisa membeli serangga tersebut di toko hewan atau beternak sendiri di rumah.

3. Apa yang harus dilakukan jika tokek sakit?

Jika tokek sakit, segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selain itu, pastikan kandang tokek selalu bersih dan kering agar tokek tidak mudah sakit.

TRENDING 🔥  Cara Buat Aplikasi Sederhana di Apache Cordova

4. Berapa kali harus membersihkan kandang tokek?

Kandang tokek sebaiknya dibersihkan minimal seminggu sekali. Bersihkan kandang dengan membersihkan kotoran tokek dan membersihkan tempat makan dan minum. Pastikan kandang selalu bersih dan kering agar tokek tetap sehat.

5. Apa yang harus dilakukan jika tokek kabur dari kandang?

Jika tokek kabur dari kandang, pastikan kamu mencari tokek tersebut dengan teliti dan tidak memberikan makanan selama beberapa hari. Hal ini bertujuan agar tokek kelaparan dan kembali ke kandang untuk mencari makanan.

Selesai sudah panduan lengkap cara membuat kandang tokek sederhana. Dengan membuat kandang tokek sendiri, kamu bisa lebih hemat dan bisa memastikan kandang tokek yang dibuat sesuai dengan kebutuhan tokek tersebut. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kandang Tokek Sederhana