Cara Membuat Kandang Ternak Kacer Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang ternak kacer sederhana. Bagi para penggemar burung kicau, burung kacer menjadi salah satu burung yang cukup populer. Selain memiliki suara merdu, kacer juga memiliki postur tubuh yang indah. Untuk itu, memelihara kacer membutuhkan kandang yang nyaman dan aman. Nah, berikut adalah cara membuat kandang ternak kacer sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah.

1. Menentukan Ukuran Kandang Kacer

Langkah pertama dalam membuat kandang ternak kacer adalah menentukan ukuran kandang yang akan dibuat. Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah burung yang akan ditempatkan di dalamnya. Untuk satu pasang kacer, ukuran kandang minimal yang diperlukan adalah 60 cm x 40 cm x 40 cm. Namun, untuk memperoleh hasil yang lebih baik, ukuran kandang dapat ditingkatkan sesuai keinginan.

Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam menentukan ukuran kandang, yaitu:

No
Hal yang perlu diingat
1
Kacer termasuk burung yang aktif, sehingga ukuran kandang harus memadai agar mereka dapat bergerak dengan leluasa di dalamnya.
2
Ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah burung yang akan ditempatkan di dalamnya. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar.
3
Kacer akan lebih aktif jika ditempatkan di kandang yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan bebas.

2. Memilih Bahan untuk Kandang Kacer

Setelah menentukan ukuran kandang, langkah selanjutnya adalah memilih bahan untuk membuat kandang. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kandang ternak kacer, antara lain:

No
Bahan yang bisa digunakan
1
Bambu dan rotan
2
Kawat jaring atau besi cor
3
Plywood

Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kandang yang ringan dan ekonomis, bahan bambu dan rotan bisa menjadi pilihan. Sementara itu, kawat jaring atau besi cor lebih tahan lama dan mudah dalam perawatannya. Plywood juga bisa menjadi alternatif bahan dalam pembuatan kandang kacer.

TRENDING 🔥  Cara Mencari Uji Regresi Sederhana dengan SPSS: Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

3. Membuat Kerangka Kandang

Setelah memilih bahan untuk membuat kandang kacer, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka kandang. Kerangka kandang dibuat untuk menentukan ukuran dan bentuk kandang yang akan dibuat. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

3.1 Membuat Frame Kandang

Frame kandang dapat dibuat dari kayu atau besi. Untuk kandang yang akan ditempatkan di dalam ruangan, frame kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kandang akan ditempatkan di luar ruangan, frame besi lebih tahan lama dan tahan terhadap kerusakan akibat cuaca.

3.2 Membuat Penyangga Kandang

Penyangga kandang bisa dibuat dari kayu atau beton. Penyangga berfungsi untuk menopang kandang agar lebih stabil dan tidak mudah bergeser.

3.3 Pemasangan Kaki Kandang

Kaki kandang bisa dibuat dari bambu atau kayu. Pemasangan kaki kandang bertujuan agar kandang dapat ditempatkan di permukaan tanah dengan stabil. Pastikan kaki kandang dipasang dengan rapi dan kuat agar kandang tidak mudah bergeser atau terjatuh.

4. Membuat Dinding Kandang

Dinding kandang bisa dibuat dari kawat jaring atau bahan lain seperti rotan atau bambu. Dalam memasang dinding kandang, pastikan jarak antar kawat atau bahan lain tidak terlalu besar, sehingga kacer tidak bisa lolos dari kandang.

5. Membuat Atap Kandang

Atap kandang bisa dibuat dari bahan seng atau asbes. Pastikan atap kandang dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah bocor dan kokoh menahan beban.

6. Memasang Kerodong

Kerodong digunakan untuk mengatur waktu istirahat dan mencegah kacer menjadi stres. Kerodong bisa terbuat dari bahan kain atau bahan plastic. Pasang kerodong pada salah satu sisi kandang.

7. Menyiapkan Tempat Makan dan Minum

Tempat makan dan minum kacer bisa terbuat dari kayu atau bahan lain seperti plastik. Pastikan tempat makan dan minum diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, tetapi tidak mengganggu aktivitas kacer.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Menggunakan K Map

8. Menambahkan Rak untuk Perch Kacer

Perch kacer bisa diletakkan di atas rak untuk memberikan variasi pada kacer. Rak bisa dibuat dari kayu atau bahan lain seperti pipa PVC. Pastikan rak diletakkan di tempat yang aman dan tidak mudah bergeser.

9. Menentukan Lokasi Kandang

Langkah terakhir dalam membuat kandang ternak kacer sederhana adalah menentukan lokasi kandang. Lokasi kandang sebaiknya ditempatkan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung dan hujan. Pastikan kandang diletakkan di tempat yang aman dan tidak mudah terkena gangguan dari binatang lain.

FAQ

1. Berapa ukuran minimal kandang kacer?

Ukuran minimal kandang kacer adalah 60 cm x 40 cm x 40 cm untuk satu pasang kacer.

2. Apa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kandang kacer?

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat kandang kacer antara lain bambu, rotan, kawat jaring, besi cor, dan plywood.

3. Bagaimana cara membuat kerodong untuk kacer?

Kerodong bisa terbuat dari bahan kain atau bahan plastik. Pasang kerodong pada salah satu sisi kandang.

4. Apa fungsi dari perch kacer?

Perch kacer digunakan untuk memberikan variasi pada kacer dan membantu mereka berolahraga.

5. Apa yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi kandang?

Lokasi kandang sebaiknya ditempatkan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung dan hujan. Pastikan kandang diletakkan di tempat yang aman dan tidak mudah terkena gangguan dari binatang lain.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kandang Ternak Kacer Sederhana