Cara Membuat Kamera Sederhana dari Kardus

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat kamera sederhana dari kardus. Kamera sederhana ini dapat menjadi alternatif bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba fotografi dengan dana terbatas. Selain itu, membuat kamera sederhana ini juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Yuk, mari kita mulai!

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat kamera sederhana dari kardus, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan berikut:

Bahan
Peralatan
Kardus bekas
Cutter atau gunting
Kertas foto
Double tape atau lem
Aluminium foil
Pen marker
Plastik bekas
Gunting atau cutter
Hitam pekat
Penggaris
Lembaran kaca atau akrilik
Alat pembuat lubang

Pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan seluruh bahan dan peralatan yang dibutuhkan agar proses pembuatan kamera sederhana bisa berjalan lancar.

2. Membuat Badan Kamera

Langkah pertama dalam membuat kamera sederhana dari kardus adalah membuat badan kamera terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

2.1. Siapkan Kardus Bekas

Carilah kardus bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Besar kecilnya kardus tergantung pada ukuran kamera yang ingin Sobat Sederhana buat.

2.2. Ukur dan Potong Kardus

Ukur dan potong kardus sesuai dengan gambar di bawah ini:

Potong kardus sesuai dengan garis putih yang telah ditandai pada gambar di atas. Bagian yang telah dipotong akan menjadi badan kamera.

2.3. Buat Lubang untuk Lensa

Gunakan alat pembuat lubang untuk membuat lubang pada badan kamera. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk memasukkan lensa kamera.

2.4. Pasang Aluminium Foil

Pasang aluminium foil pada bagian dalam badan kamera. Aluminium foil ini berfungsi untuk memantulkan cahaya pada bagian dalam kamera, sehingga foto yang dihasilkan lebih baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Tidur Sederhana Tanpa Listrik

2.5. Pasang Hitam Pekat

Pasang hitam pekat pada bagian dalam badan kamera sekitar lubang lensa. Hitam pekat ini berguna untuk menghindari pantulan cahaya yang dapat mengganggu kualitas foto.

3. Membuat Shutter

Setelah badan kamera selesai dibuat, Sobat Sederhana perlu membuat shutter pada kamera. Shutter berfungsi untuk membuka dan menutup cahaya yang masuk ke dalam kamera saat masa pemotretan. Berikut adalah caranya:

3.1. Siapkan Plastik Bekas

Cari plastik bekas yang tipis dan transparan. Plastik ini akan digunakan sebagai bahan untuk membuat shutter.

3.2. Gambar dan Potong Plastik

Gambarlah pola seperti pada gambar di bawah ini pada plastik:

Potong plastik sesuai dengan pola yang telah digambar.

3.3. Pasang Shutter

Pasanglah shutter yang telah dibuat pada badan kamera dengan menggunakan double tape atau lem. Shutter ini berguna untuk membuka dan menutup cahaya selama proses pemotretan.

4. Membuat Viewfinder

Viewfinder pada kamera berfungsi untuk memandu fotografer dalam menentukan objek yang akan difoto. Berikut adalah cara membuat viewfinder:

4.1. Siapkan Kardus Bekas

Cari kardus bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Ukuran kardus tergantung pada ukuran kamera yang ingin Sobat Sederhana buat.

4.2. Ukur dan Potong Kardus

Ukur dan potong kardus sesuai dengan gambar di bawah ini:

Potong kardus sesuai dengan garis putih yang telah ditandai pada gambar di atas.

4.3. Pasang Kertas Foto

Pasang kertas foto pada bagian dalam kardus yang telah dipotong. Kertas foto ini berfungsi sebagai panduan dalam mengambil foto.

4.4. Pasang Balok Kardus

Pasang balok kardus pada bagian atas viewfinder. Balok ini akan digunakan sebagai pegangan saat mengambil foto.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Gerobak Jualan Sederhana

5. Mengambil Foto dengan Kamera Sederhana yang Telah Dibuat

Setelah semua bagian kamera selesai dibuat, Sobat Sederhana bisa mencoba mengambil foto dengan kamera sederhana yang telah dibuat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

5.1. Pasang Lensa

Pasang lensa pada lubang yang telah dibuat pada badan kamera.

5.2. Atur Shutter

Atur shutter pada posisi terbuka dengan cara menekan benda berbentuk bulat pada bagian atas kamera.

5.3. Tentukan Objek yang akan Difoto

Gunakan viewfinder untuk menentukan objek yang akan difoto.

5.4. Tutup Shutter

Tutup shutter dengan menekan benda berbentuk bulat pada bagian atas kamera.

5.5. Ambil Foto

Ambil foto dengan menekan benda berbentuk bulat pada bagian atas kamera. Jangan lupa untuk menahan kamera agar tidak bergetar saat proses pemotretan.

6. FAQ (Frequently Asked Questions)

6.1. Apa yang harus dilakukan jika hasil foto yang dihasilkan kurang bagus?

Jika hasil foto yang dihasilkan kurang bagus, Sobat Sederhana bisa mencoba mengganti posisi lensa atau menyesuaikan pencahayaan di sekitar objek yang difoto.

6.2. Apa yang harus dilakukan jika kamera sederhana dari kardus yang dibuat tidak bisa mengambil foto?

Jika kamera sederhana dari kardus yang dibuat tidak bisa mengambil foto, Sobat Sederhana perlu memeriksa semua bagian kamera dan pastikan semuanya telah terpasang dengan baik.

6.3. Apakah kamera sederhana dari kardus yang dibuat bisa digunakan untuk mengambil foto pada malam hari?

Kamera sederhana dari kardus yang dibuat tidak dianjurkan untuk digunakan pada malam hari karena kualitas fotonya bisa kurang baik. Kamera ini lebih cocok digunakan pada siang hari.

7. Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana telah berhasil membuat kamera sederhana dari kardus. Kamera sederhana ini memang tidak sebaik kamera profesional, namun tetap bisa memberikan pengalaman fotografi yang menyenangkan dan menghasilkan hasil foto yang cukup baik. Jangan lupa eksplorasi lebih jauh lagi dengan bahan-bahan yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang lebih menarik. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Menata Lemari Hias Sederhana

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kamera Sederhana dari Kardus