Cara Membuat Jas Hujan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Bagaimana kabar kalian di musim hujan seperti ini? Sudahkah kalian memiliki jas hujan yang dapat melindungi dari hujan deras? Jika belum, jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kami akan memberikan cara membuat jas hujan sederhana yang dapat kalian buat sendiri di rumah. Simak terus ya!

1. Bahan-Bahan

Pertama-tama, kalian perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kain plastik
2 meter
Karet gelang
4 buah
Perekat kain
secukupnya
Gunting
1 buah

Untuk kain plastik, kalian bisa menggunakan kantong plastik belanjaan atau kain plastik yang biasa digunakan untuk menjaga kasur dari air.

2. Langkah-Langkah

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat jas hujan sederhana:

Langkah 1: Gunting kain plastik

Pertama-tama, gunting kain plastik menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama. Pastikan kain terpotong dengan rapi dan tidak ada bagian yang tertinggal.

Langkah 2: Jahit sisi samping

Setelah kain terpotong, jahit sisi samping kain plastik menggunakan mesin jahit atau jahitan tangan. Gunakan benang jahit yang kuat agar jahitan tidak mudah lepas. Pastikan sisi-sisi jahitan rapi dan tidak ada bagian yang terlewat.

Langkah 3: Pasang karet gelang

Setelah jahitan selesai, pasangkan karet gelang di ujung jas hujan bagian atas dan bawah. Gunakan perekat kain untuk menempelkan karet gelang agar tidak mudah lepas saat digunakan. Lakukan hal yang sama pada bagian lengan jas hujan.

Langkah 4: Uji jas hujan

Setelah semua tahap selesai, coba jas hujan yang sudah jadi dengan meneteskan air pada bagian yang sudah dijahit. Pastikan tidak ada bagian yang bocor dan jas hujan dapat melindungi tubuh dari hujan deras.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Omelet Telur Mie Sederhana

Langkah 5: Siap digunakan

Setelah jas hujan sudah diuji, kini jas hujan sederhana kalian siap digunakan. Pakai jas hujan saat musim hujan agar tubuh tidak basah dan terhindar dari penyakit.

3. FAQ

1. Apakah jas hujan yang dibuat sendiri dapat melindungi dari hujan deras?

Ya, jika dilakukan dengan benar dan bahan-bahan yang digunakan berkualitas, jas hujan sederhana dapat melindungi tubuh dari hujan deras.

2. Berapa harga untuk membuat jas hujan sendiri?

Harga untuk membuat jas hujan sederhana tergantung pada bahan-bahan yang digunakan. Jika menggunakan kantong plastik belanjaan, maka tidak akan ada biaya yang dikeluarkan. Namun, jika menggunakan kain plastik yang lebih berkualitas, maka harga bahan akan sedikit lebih mahal.

3. Bisakah jas hujan sederhana dibuat dalam ukuran yang berbeda-beda?

Tentu saja! Ukuran jas hujan sederhana dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran tubuh penggunanya.

4. Kesimpulan

Itulah cara membuat jas hujan sederhana yang dapat kalian buat sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kalian dapat membuat jas hujan yang dapat melindungi dari hujan deras. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Jas Hujan Sederhana