Cara Membuat Inverter Sederhana

Sobat Sederhana, jika Anda ingin belajar membuat inverter sederhana, berikut ini adalah panduan yang dapat membantu Anda membangun sirkuit inverter yang dapat mengubah arus DC menjadi AC.

Pengertian Inverter

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian inverter. Inverter adalah perangkat elektronik yang berfungsi mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) dengan frequensi tertentu.

Perangkat inverter umumnya digunakan dalam sistem tenaga surya, sistem tenaga angin, dan aplikasi kendaraan bertenaga listrik. Dalam panduan ini, kita akan belajar membuat inverter sederhana dengan output AC 220V.

Kebutuhan Material

Sebelum kita terjun langsung ke pembuatan inverter, ada beberapa bahan dan peralatan yang Anda butuhkan:

Material
Jumlah
Transformer
1 buah
Transistor
2 buah
Resistor
5 buah
Kapasitor
3 buah
Induktor
1 buah
PCB Board
1 buah
Solder
1 buah

Pembuatan Inverter

Berikut adalah langkah-langkah membuat inverter sederhana:

1. Merancang Inverter

Langkah pertama adalah merancang inverter. Anda dapat menggunakan software seperti Proteus, Eagle, atau Fritzing untuk merancang sirkuit inverter.

Sirkuit inverter terdiri dari transistor, resistor, kapasitor, induktor, dan transformator. Secara umum, sirkuit inverter terdiri dari dua bagian, yaitu bagian osilator dan bagian amplifier.

2. Membuat PCB Board

Setelah Anda merancang sirkuit inverter, langkah berikutnya adalah membuat PCB board. Anda dapat menggunakan software seperti Eagle PCB untuk merancang PCB board.

Setelah merancang PCB board, Anda dapat mencetaknya menggunakan printer laser pada kertas khusus transfer. Kemudian, mentransfer gambar PCB ke permukaan tembaga.

Setelah gambar berhasil ditransfer, Anda dapat mengawinkan PCB board dengan tembaga menggunakan setrika. Kemudian, cukil bagian tembaga yang tidak dicetak menggunakan pisau cutter.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Running Text LED Sederhana untuk Sobat Sederhana

Setelah itu, Anda dapat melukiskan jalur tembaga dengan pena khusus. Kemudian, merendam PCB board dalam larutan asam klorida hingga seluruh tembaga hilang.

3. Soldering

Setelah PCB board selesai dibuat, langkah berikutnya adalah soldering. Anda dapat meletakkan komponen-komponen sirkuit sesuai dengan layout pada PCB board.

Pastikan Anda benar-benar menempatkan komponen pada tempat yang tepat, karena kesalahan sedikit saja dapat mempengaruhi hasil akhir inverter yang Anda buat.

4. Uji Coba Inverter

Setelah selesai melakukan soldering pada PCB board, langkah terakhir adalah menguji coba inverter yang telah Anda buat. Pastikan bahwa komponen yang disolder telah terpasang dengan baik dan tidak ada kesalahan atau konsleting.

Anda dapat menggunakan multimeter untuk mengukur arus dan tegangan pada sirkuit inverter. Jika sirkuit inverter berhasil dibuat, maka inverter dapat menghasilkan output AC 220V yang dapat digunakan untuk memasok listrik ke berbagai perangkat elektronik.

FAQ

1. Apakah sirkuit inverter aman digunakan?

Iya, sirkuit inverter yang dibuat dengan benar dan sesuai dengan standar yang ada aman digunakan.

2. Berapa jumlah watt output inverter yang dapat saya buat?

Output inverter yang dapat Anda buat tergantung pada ukuran dan keluaran transformator yang Anda gunakan. Namun, secara umum, inverter dengan output 500-1000 watt dapat dibuat dengan sirkuit inverter yang sederhana.

3. Apa kegunaan inverter?

Inverter umumnya digunakan untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) dengan frequensi tertentu.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Inverter Sederhana