Cara Membuat Ice Cream Rumahan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan es krim? Makanan penutup ini memang menjadi favorit banyak orang, terutama saat cuaca panas. Tapi, bagaimana jika Sobat Sederhana ingin mencoba membuat es krim sendiri di rumah? Yuk, simak cara membuat ice cream rumahan sederhana berikut ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat ice cream, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
2 cangkir
Gula pasir
1 cangkir
Krim kental
1 cangkir
Vanili
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Es batu
Secukupnya

Pastikan mengukur semua bahan dengan tepat agar ice cream yang dihasilkan memiliki rasa dan tekstur yang sempurna.

Cara Membuat Ice Cream Rumahan Sederhana

Langkah 1: Campurkan Bahan

Langkah pertama dalam membuat ice cream rumahan sederhana adalah dengan mencampurkan susu cair, gula pasir, krim kental, vanili, dan garam dalam sebuah mangkuk. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Langkah 2: Dinginkan Campuran

Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan campuran ke dalam wadah yang didinginkan. Tempatkan wadah tersebut di dalam kulkas selama satu jam atau hingga campuran menjadi dingin.

Langkah 3: Kocok Campuran

Setelah campuran dingin, keluarkan wadah dari kulkas dan kocok campuran menggunakan mixer hingga membentuk krim yang kental dan berbusa.

Langkah 4: Bekukan Campuran

Setelah campuran terkocok, masukkan campuran ke dalam wadah yang kedap udara. Tutup wadah dan simpan di dalam freezer selama 4-6 jam. Pastikan untuk mengaduk campuran setiap 30 menit untuk mencegah pembentukan kristal es yang besar.

Langkah 5: Sajikan Ice Cream

Setelah campuran membeku, ambil wadah dari freezer dan sajikan ice cream rumahan sederhana. Tambahkan topping seperti buah-buahan atau saus karamel untuk menambahkan rasa pada ice cream.

TRENDING 🔥  Cara Ganti Background Work Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus menggunakan krim kental?

Ya, krim kental diperlukan untuk membuat tekstur ice cream yang kental dan lezat.

2. Bisakah menggunakan susu bubuk?

Sebaiknya tidak. Susu bubuk tidak akan memberikan hasil yang sama dengan susu cair dalam menciptakan rasa dan tekstur yang sempurna pada ice cream.

3. Apakah perlu mengaduk campuran setiap 30 menit?

Ya, mengaduk campuran setiap 30 menit akan membantu mencegah pembentukan kristal es yang besar dan membuat ice cream lebih lezat.

4. Berapa lama ice cream harus dibekukan?

Ice cream harus dibekukan selama 4-6 jam sebelum disajikan.

5. Apakah ice cream rumahan sederhana bisa disimpan dalam freezer?

Ya, ice cream rumahan sederhana bisa disimpan dalam freezer selama 2-3 hari. Pastikan untuk menutup rapat wadahnya agar ice cream tidak mengalami kristalisasi yang berlebihan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat ice cream rumahan sederhana yang mudah dan lezat. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman-teman dan keluarga. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Ice Cream Rumahan Sederhana