Cara Membuat Holder HP Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Apakah kamu sering merasa kesulitan untuk menahan HP kamu ketika sedang menonton video atau merekam video dari jarak jauh? Jangan khawatir, karena kali ini kita akan belajar cara membuat holder HP sederhana sendiri yang dapat membantumu menyelesaikan masalah tersebut.

1. Persiapan

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat holder HP sederhana ini. Berikut adalah daftar barang yang kamu perlukan:

Bahan
Alat
Scotch tape
Pisau cutter
Kardus bekas
Penggaris
Lem tembak
Peniti

Pastikan kamu memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum memulai, agar proses pembuatan holder HP sederhana berjalan dengan lancar.

2. Ukuran Kardus

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ukuran kardus yang akan digunakan sebagai dasar holder HP sederhana ini. Ukuran yang direkomendasikan adalah sekitar 20 cm x 12 cm.

Tandai ukuran tersebut pada kardus bekas yang kamu punya, lalu gunakan pisau cutter dan penggaris untuk memotong kardus sesuai dengan ukuran yang telah ditandai.

Selanjutnya, lipat kardus menjadi dua bagian yang sama besarnya. Hal ini bertujuan untuk membuat holder menjadi lebih kokoh dan kuat.

3. Membuat Penyangga

Setelah kardus dipotong dan dilipat, langkah selanjutnya adalah membuat penyangga untuk menahan HP. Gunakan kardus bekas yang telah dipotong untuk membuat penyangga.

Untuk membuat penyangga, kamu dapat membuat pola seperti gambar berikut:

Setelah memotong sesuai dengan pola tersebut, lipat menjadi tiga bagian. Berikut adalah tutorial cara melipat kardus menjadi penyangga:

  1. Lipat bagian bawah ke atas sejajar dengan bagian tengah.
  2. Lipat bagian atas ke bawah sejajar dengan bagian tengah.
  3. Lipat lagi bagian bawah ke atas di atas lipatan bagian atas.
TRENDING 🔥  Cara Bertanam Hidroponik Sederhana di Rumah

Setelah itu, gunakan lem tembak dan peniti untuk menempelkan penyangga pada salah satu bagian lipatan kardus bekas.

4. Penempatan HP pada Holder

Setelah penyangga terpasang pada kardus bekas, saatnya kamu menempatkan HP pada holder yang telah kamu buat. Cara menempatkannya sangat mudah, yaitu dengan meletakkan HP di atas penyangga dan menahannya dengan scotch tape.

Pastikan HP terpasang dengan aman dan kokoh, agar kamu dapat menggunakannya dengan nyaman dan tidak ada risiko jatuh atau bergeser.

5. Finishing

Setelah menempatkan HP pada holder, langkah terakhir adalah melakukan finishing agar holder terlihat lebih estetik dan menarik. Kamu dapat menambahkan dekorasi atau mengecat kardus bekas dengan warna yang kamu suka.

Selamat, Sobat Sederhana! Holder HP sederhana milikmu sudah siap digunakan. Selanjutnya adalah langkah penggunaan, yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.

FAQ

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat holder HP sederhana?

Untuk membuat holder HP sederhana, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat seperti kardus bekas dan scotch tape. Tidak ada biaya yang signifikan yang perlu dikeluarkan.

2. Apakah holder HP sederhana dapat menahan semua jenis HP?

Holder HP sederhana yang kamu buat sebenarnya dapat menahan semua jenis HP, asalkan ukuran HP tersebut tidak terlalu besar dan berat. Namun, pastikan kamu menempatkan HP dengan aman dan kokoh agar tidak ada risiko jatuh atau bergeser.

3. Bisakah holder HP sederhana digunakan untuk merekam video dari jarak jauh?

Tentu saja bisa! Holder HP sederhana dapat membantumu merekam video dengan jarak yang lebih luas, sehingga kamu tidak perlu repot-repot memegang HP secara terus-menerus.

4. Bagaimana cara membersihkan holder HP sederhana?

Untuk membersihkan holder HP sederhana, cukup gunakan lap basah untuk membersihkan bagian kardus dan scotch tape yang terkena sidik jari atau debu. Jangan terlalu sering membersihkannya agar tidak merusak holder.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Sederhana: Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

5. Bisakah holder HP sederhana digunakan dalam posisi landscape?

Tentu saja bisa. Kamu hanya perlu menyesuaikan penyangga pada holder agar sesuai dengan posisi HP yang kamu inginkan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Holder HP Sederhana