Cara Membuat Fried Chicken Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat fried chicken sederhana yang bisa Anda praktekkan di rumah. Kita semua tahu betapa lezatnya fried chicken, tetapi seringkali kita tidak tahu persis cara membuatnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana untuk membuat fried chicken yang enak dan sehat. Simak terus ya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai membuat fried chicken, kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang Anda perlukan:

Bahan
Jumlah
Ayam potong
500 gram
Telur ayam
2 butir
Tepung terigu
150 gram
Tepung jagung
50 gram
Bumbu penyedap
secukupnya
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Dengan persiapan bahan yang matang, mari kita mulai membuat fried chicken!

Langkah-Langkah Membuat Fried Chicken

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat fried chicken yang sederhana:

1. Lumuri Ayam dengan Bumbu

Pertama-tama, lumuri ayam dengan bumbu penyedap dan garam. Diamkan selama 15 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging ayam.

2. Celupkan Ayam ke dalam Telur

Pecahkan telur ayam ke dalam mangkuk lalu kocok dengan garpu. Celupkan ayam ke dalam telur dan pastikan ayam terlapisi dengan telur secara merata.

3. Gulingkan Ayam ke dalam Tepung

Campurkan tepung terigu, tepung jagung, bumbu penyedap, dan garam di dalam mangkuk lain. Gulingkan ayam ke dalam campuran tepung tersebut sampai ayam terlapisi dengan tepung secara merata.

4. Goreng Ayam dengan Minyak yang Cukup

Siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak di atas api sedang. Setelah minyak panas, masukkan ayam yang sudah dilapisi tepung ke dalam wajan. Goreng ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Buat Oseng Oseng Daging

5. Tiriskan dan Sajikan

Tiriskan ayam goreng dengan saringan atau piring berlapis tisu dapur. Sajikan fried chicken dengan saus sambal atau mayonnaise.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan tepung roti untuk membuat fried chicken?

Tentu saja bisa! Tepung roti akan memberikan tekstur yang lebih renyah pada fried chicken, tetapi tepung terigu dan tepung jagung juga memberikan hasil yang enak.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan dan membuat fried chicken?

Waktu persiapan bahan tergantung dari kecepatan dan kemampuan Anda dalam mengolah bahan. Sedangkan waktu memasak fried chicken sekitar 15-20 menit.

3. Apakah fried chicken sehat untuk dikonsumsi secara rutin?

Fried chicken sebenarnya bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin karena mengandung banyak lemak dan kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi fried chicken secara terbatas dan seimbang dengan makanan sehat lainnya.

4. Apa yang harus dilakukan jika fried chicken yang dimasak tidak kuning kecoklatan?

Jika fried chicken yang dimasak tidak kuning kecoklatan, kemungkinan terlalu lama digoreng atau tidak menggunakan minyak yang cukup panas. Pastikan penggunaan minyak yang cukup dan tidak terlalu lama menggoreng fried chicken.

5. Apa yang bisa dijadikan alternatif lauk selain fried chicken?

Anda bisa mengganti fried chicken dengan lauk protein lainnya seperti ikan, daging sapi, atau tempe goreng.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat fried chicken sederhana yang enak dan sehat. Selalu ingat untuk mempersiapkan bahan-bahan dengan matang dan mengikuti langkah-langkah dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Tungku Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Fried Chicken Sederhana