Cara Membuat Filter Air Sederhana Sendiri

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat filter air sederhana sendiri. Filter air sangat penting untuk menyaring kotoran dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kita. Namun, tidak semua orang memiliki akses untuk membeli filter air yang mahal. Oleh karena itu, kita akan memberikan tutorial bagaimana membuat filter air sederhana sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai membuat filter air sederhana, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Ember
Pasir kasar
Plastik bening
Pasir halus
Plastik hitam
Batu kerikil
Gunting
Karung beras bersih
Peniti
Arang kayu bakar
Sendok
Spidol permanen

Cara Membuat Filter Air Sederhana

1. Buat Lubang pada Ember

Pertama, buatlah lubang pada posisi tengah bawah ember dengan ukuran sebesar 2-3 cm. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya air yang sudah disaring.

2. Pasang Plastik Bening dan Plastik Hitam

Pertama-tama, potonglah plastik bening dan plastik hitam dengan ukuran 20×20 cm. Letakkan plastik bening di atas plastik hitam dan rapatkan bagian pinggirnya dengan peniti.

3. Masukkan Bahan-bahan ke dalam Plastik

Masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan ke dalam plastik secara berurutan, mulai dari batu kerikil, arang kayu bakar, pasir kasar, pasir halus, dan karung beras bersih. Pastikan setiap bahan dipadatkan dengan menggunakan sendok.

4. Pasang Plastik pada Ember

Pasangkan plastik yang sudah terisi bahan tadi ke dalam ember dengan posisi plastik bening menghadap ke arah luar dan plastik hitam menghadap ke dalam ember. Rapatkan bagian atasnya dengan peniti.

5. Filter Air Siap Digunakan

Setelah semua tahapan selesai, filter air sederhana yang kita buat sudah siap digunakan. Letakkan filter air pada posisi yang stabil dan mulailah menuangkan air yang akan disaring ke dalam ember. Air yang keluar dari lubang pada posisi tengah bawah ember sudah bisa digunakan dengan aman dan bebas dari kuman.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Amplifier 1000 Watt Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Filter Air Sederhana yang Dibuat Sendiri Ini Aman untuk Digunakan?

Ya, filter air sederhana yang dibuat sendiri ini aman untuk digunakan. Namun, pastikan bahan-bahan yang digunakan bersih dan tidak mengandung zat beracun.

2. Berapa Lama Filter Air Sederhana Ini Bisa Digunakan?

Filter air sederhana ini bisa digunakan selama 1-2 bulan. Setelah itu, sudah waktunya untuk membuat filter air yang baru.

3. Apakah Bahan-bahan untuk Membuat Filter Air Sederhana Ini Mudah Ditemukan?

Ya, semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat filter air sederhana ini mudah ditemukan di toko-toko atau warung terdekat.

4. Apakah Filter Air Sederhana Ini Cocok untuk Air Laut?

Filter air sederhana ini hanya cocok untuk menyaring air tawar atau air keran yang sudah terlebih dahulu dipanaskan hingga mendidih.

5. Apakah Filter Air Sederhana Ini Mampu Menyaring Bakteri?

Ya, filter air sederhana ini mampu menyaring bakteri yang ada di dalam air. Namun, tidak semua jenis bakteri bisa disaring oleh filter air sederhana ini. Oleh karena itu, pastikan untuk memasak air yang sudah disaring sebelum digunakan.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat filter air sederhana sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Dengan membuat filter air sederhana, kita bisa menyaring air yang akan kita gunakan dengan mudah dan lebih aman bagi kesehatan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Filter Air Sederhana Sendiri