Cara Membuat Es Puter Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarnya hari ini? Apa kabar cuaca di tempatmu? Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat es puter sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Es puter adalah salah satu jenis es krim tradisional Indonesia yang terbuat dari santan, gula, dan berbagai macam rasa seperti kelapa, cokelat, atau stroberi. Es puter ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan atau hidangan penutup di saat cuaca sedang panas. Yuk kita langsung saja simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat es puter sederhana, kamu memerlukan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Santan kental
500 ml
Gula pasir
250 gram
Air matang
500 ml
Garam
1/4 sendok teh
Pewarna makanan
secukupnya
Es batu
secukupnya

Jangan khawatir, semua bahan-bahan ini mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai membuat es puter sederhana ini.

Cara Membuat Es Puter Sederhana

Ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini untuk membuat es puter yang enak dan lezat:

1. Campurkan santan kental, gula, air, dan garam dalam wadah yang besar

Pertama-tama, ambil wadah yang besar dan campurkan santan kental, gula pasir, air matang, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

2. Panaskan campuran santan di atas kompor

Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna, panaskan campuran santan di atas kompor dengan api sedang. Aduk terus-menerus hingga campuran santan mendidih dan gula larut sepenuhnya.

3. Tambahkan pewarna makanan

Sesuaikan warna es puter dengan selera kamu. Tambahkan pewarna makanan secukupnya dan aduk rata hingga warna merata.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Bolongin Ubin - Rahasia Membuat Rumahmu Lebih Cantik

4. Dinginkan campuran santan

Setelah campuran santan sudah mendidih, matikan api dan biarkan campuran santan dingin terlebih dahulu. Kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas untuk mempercepat proses pendinginan.

5. Siapkan mesin es puter

Untuk membuat es puter, kamu memerlukan mesin es puter. Siapkan mesin es puter dan masukkan es batu ke dalamnya.

6. Tuangkan campuran santan ke dalam mesin es puter

Tuangkan campuran santan ke dalam mesin es puter dan hidupkan mesin tersebut. Tunggu hingga campuran santan mengental dan membeku menjadi es puter.

7. Sajikan es puter dingin

Setelah es puter sudah mengental, matikan mesin es puter dan ambil es puter yang telah jadi. Kamu bisa menyajikannya dengan cara memasukkannya ke dalam mangkuk atau gelas dan tambahkan topping sesuai selera kamu.

Tips Membuat Es Puter Sederhana yang Lezat

Agar es puter yang kamu buat lebih lezat dan enak, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan santan yang berkualitas

Pilihlah santan yang berkualitas dan tidak mengandung bahan pengawet. Santan yang baik akan memberikan rasa dan aroma yang lebih enak pada es puter.

2. Tambahkan gula secukupnya

Tambahkan gula secukupnya sesuai dengan selera kamu. Namun, jangan terlalu banyak mengggunakan gula karena akan membuat es puter terlalu manis.

3. Perbanyak es batu

Gunakan es batu yang banyak agar mesin es puter bisa menghasilkan es puter yang lebih lembut dan lezat. Selain itu, es batu juga membantu mendinginkan campuran santan lebih cepat.

4. Tambahkan topping sesuai selera

Tambahkan topping yang kamu sukai seperti kacang, cokelat serut, atau buah-buahan sesuai dengan selera kamu. Topping akan memberikan variasi rasa dan membuat es puter lebih lezat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempe Tumis Kecap Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat es puter sederhana:

1. Apakah bisa membuat es puter tanpa mesin es puter?

Jawab: Bisa. Namun, kamu harus memutar campuran santan secara manual menggunakan wadah yang diletakkan dalam wadah yang berisi es dan garam. Proses pembuatan akan lebih lama dan hasilnya tidak sehalus jika menggunakan mesin es puter.

2. Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada santan?

Jawab: Kamu bisa menambahkan satu sendok teh cuka pada santan sebelum memasaknya. Cara ini dapat menghilangkan bau amis pada santan dan membuat es puter lebih sedap.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat es puter?

Jawab: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es puter sekitar 1-2 jam tergantung pada tingkat keset dan kekentalannya. Jika ingin mempercepat proses pembuatan, kamu bisa memasukkan campuran santan ke dalam kulkas sebelum dimasukkan ke mesin es puter.

Kesimpulan

Itulah tadi resep dan cara membuat es puter sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Es puter ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba membuat cemilan yang sehat dan enak. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas bahan dan mengatur gula secukupnya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Puter Sederhana Untuk Sobat Sederhana