Cara Membuat Es Lidah Buaya Sederhana

Halo, Sobat Sederhana! Sarapan atau makan malam dengan es lidah buaya mungkin bisa menjadi pilihan yang menyegarkan. Apalagi, proses membuatnya cukup mudah dan tak memerlukan banyak waktu. Yuk, simak langkah-langkah sederhana berikut untuk membuat es lidah buaya di rumah.

1. Persiapan Bahan

Untuk membuat es lidah buaya, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan seperti:

Bahan
Jumlah
Lidah buaya
1 batang
Sirup
2 sendok makan
Air matang
500 ml
Es batu
sesuai selera

Lidah buaya dapat sobat sederhana siapkan sendiri di rumah atau dapat juga membeli yang sudah dipotong siap pakai. Pilih lidah buaya yang segar dan matang ya agar bisa mendapatkan rasa yang enak.

2. Membersihkan Lidah Buaya

Sobat Sederhana pertama-tama perlu membersihkan lidah buaya dengan baik. Cuci lidah buaya dengan air bersih dan kupas kulit bagian luar dengan hati-hati. Setelah itu, ambil gel lidah buaya dengan sendok atau pisau yang tajam. Jangan lupa untuk membuang bagian kuning pada gel lidah buaya ya, karena dapat memberikan rasa pahit.

3. Membuat Sirup

Untuk membuat sirup, campurkan 2 sendok makan gula pasir dengan 2 sendok makan air matang. Aduk hingga gula larut dengan air. Kemudian, panaskan campuran gula dan air tersebut di atas kompor dengan api kecil hingga sirup mengental. Angkat dari kompor dan dinginkan.

4. Membuat Es Lidah Buaya

Sobat Sederhana dapat memulai proses membuat es lidah buaya dengan mencampurkan gel lidah buaya, sirup, dan air matang ke dalam blender. Aduk hingga halus dan tercampur sempurna. Setelah itu, ambil gelas saji dan beri es batu di dalamnya. Tuang campuran lidah buaya ke dalam gelas hingga penuh. Terakhir, taburi dengan serutan gel lidah buaya di atasnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Seblak dengan Bahan Sederhana

FAQ Cara Membuat Es Lidah Buaya

1. Bisakah es lidah buaya dibuat tanpa sirup?

Bisa, Sobat Sederhana dapat hanya mencampurkan gel lidah buaya dan air matang ke dalam blender tanpa sirup. Namun, sirup dapat memberikan rasa manis pada es lidah buaya ya.

2. Apa saja manfaat lidah buaya?

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengurangi kadar gula darah.

3. Berapa lama es lidah buaya dapat disimpan di dalam kulkas?

Sobat Sederhana dapat menyimpan es lidah buaya di dalam kulkas selama 1-2 hari saja. Sebaiknya disajikan dalam keadaan segar dan baru dibuat.

5. Siap Menikmati

Es lidah buaya sederhana siap disajikan. Nikmati es lidah buaya di rumah bersama keluarga dan sahabat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Lidah Buaya Sederhana