Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat es krim sederhana tanpa mixer. Es krim yang lembut dan segar ini cocok untuk dinikmati di hari-hari panas. Anda tidak perlu khawatir tentang mixer khusus atau peralatan khusus lainnya, karena semua bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah di rumah.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda mempersiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat es krim sederhana ini. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
2 liter
Gula pasir
400 gram
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Es batu
3-4 gelas

Langkah-langkah Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

Langkah 1: Campurkan Susu Cair dan Gula Pasir

Langkah pertama dalam membuat es krim sederhana adalah dengan mencampurkan susu cair dan gula pasir dalam panci besar. Aduk rata hingga gula larut dan campuran menjadi halus.

Langkah 2: Panaskan Campuran Susu dan Gula Pasir

Panaskan campuran susu dan gula pasir di atas api sedang, sambil terus diaduk selama 10-15 menit. Pastikan campuran tidak mendidih dan terus diaduk agar tidak lengket di dasar panci.

Langkah 3: Tambahkan Vanili Bubuk dan Garam

Setelah 10-15 menit, tambahkan vanili bubuk dan garam ke dalam campuran susu dan gula pasir. Aduk rata dan matikan api. Biarkan campuran dingin selama 5-10 menit sebelum menuangkannya ke dalam wadah yang dapat ditutup rapat.

Langkah 4: Bekukan Campuran Susu dan Gula Pasir

Setelah menuangkan campuran susu dan gula pasir ke dalam wadah, tutup rapat dan masukkan ke dalam freezer. Diamkan selama 2-3 jam atau hingga campuran beku di antara 30-40 persen.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Cilok Mercon Sederhana

Langkah 5: Kocok Campuran yang Sudah Beku

Keluarkan campuran es krim yang sudah setengah beku dari freezer dan letakkan dalam mangkuk besar. Kocok campuran tersebut selama 5-10 menit dengan menggunakan mixer tangan atau garpu.

Langkah 6: Tambahkan Es Batu

Tambahkan es batu dalam mangkuk yang berisi campuran es krim yang sudah dikocok. Aduk rata selama beberapa menit hingga campuran menjadi lembut dan terlihat menjadi es krim.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika campuran es krim mendidih?

Jika campuran es krim mulai mendidih, segera matikan api dan dinginkan campuran selama beberapa menit sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

2. Bolehkah menggunakan susu bubuk?

Ya, Anda bisa menggunakan susu bubuk sebagai pengganti susu cair. Namun, pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan susu bubuk untuk mencampurkannya dengan air.

3. Bisakah es krim diambil langsung dari freezer?

Es krim yang diambil langsung dari freezer biasanya sangat keras dan sulit untuk diambil. Sebaiknya biarkan es krim sedikit mencair pada suhu ruangan selama beberapa menit sebelum dihidangkan.

4. Apa yang dapat ditambahkan ke dalam es krim?

Anda bisa menambahkan berbagai macam bahan ke dalam es krim, seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau cokelat serut untuk memberikan rasa yang lebih bervariasi.

5. Berapa lama es krim dapat disimpan dalam freezer?

Es krim dapat disimpan dalam freezer selama 2-3 bulan jika disimpan pada suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer