Cara Membuat Es Dawet Sederhana untuk Sobat Sederhana

Assalamualaikum Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat es dawet sederhana yang enak dan segar untuk menemani hari-hari panas kita di musim ini. Es dawet merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung hunkwe, gula merah, santan dan air. Es dawet bisa dinikmati sebagai minuman segar atau sebagai campuran es campur atau es campur durian. Berikut ini adalah cara membuat es dawet sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat es dawet sederhana, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar atau warung terdekat, antara lain:

Bahan
Jumlah
Tepung hunkwe
100 gram
Gula merah
150 gram
Santan kental
500 ml
Air matang
1 liter
Es batu
Secukupnya

Cara Membuat

1. Membuat Kuah Dawet

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu membuat kuah dawet terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Mencairkan Gula Merah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencairkan gula merah dengan cara memasukkan gula merah ke dalam panci lalu ditambahkan sedikit air dan dipanaskan di atas api kecil sambil diaduk hingga gula merah larut dan mengental. Setelah itu, tiriskan dan biarkan hingga dingin.

b. Membuat Larutan Hunkwe

Setelah gula merah larut, Sobat Sederhana bisa membuat larutan hunkwe dengan mencampurkan tepung hunkwe dengan air sebanyak 300 ml. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung.

c. Membuat Kuah Dawet

Selanjutnya, Sobat Sederhana bisa membuat kuah dawet dengan cara mencampurkan larutan hunkwe, gula merah cair dan santan kental ke dalam panci lalu dimasak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Setelah itu, angkat dan dinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Menggunakan Netbeans

2. Membuat Es Dawet

Setelah kuah dawet siap, Sobat Sederhana bisa membuat es dawet dengan cara sebagai berikut:

a. Menyiapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan seperti es batu, kuah dawet, dan gelas saji.

b. Menyiapkan Gelas Saji

Siapkan gelas saji dan letakkan es batu di dalamnya.

c. Menambahkan Kuah Dawet

Tuangkan kuah dawet ke dalam gelas saji yang sudah berisi es batu.

d. Menambahkan Es Batu Lagi

Tambahkan es batu lagi di atas kuah dawet.

e. Hiasan dan Sajikan

Terakhir, Sobat Sederhana bisa menambahkan hiasan sesuai selera seperti potongan kelapa muda, potongan nangka, atau kolang-kaling dan sajikan segera.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung hunkwe bisa diganti dengan tepung maizena?

Tidak bisa. Tepung maizena menghasilkan kuah yang lebih bening dan licin dibandingkan tepung hunkwe, sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat es dawet.

2. Bisakah gula merah diganti dengan gula pasir biasa?

Bisa, tetapi akan mengubah rasa asli dari es dawet. Gula merah memberikan rasa khas yang tidak bisa didapatkan dari gula pasir biasa.

3. Apakah santan bisa diganti dengan susu?

Tidak bisa. Santan memberikan rasa khas dan aroma yang tidak dapat dihasilkan oleh susu. Selain itu, susu juga tidak cocok digunakan untuk membuat es dawet karena akan membuat rasanya jadi terlalu manis.

4. Apakah es dawet bisa disimpan di dalam kulkas?

Bisa, tetapi sebaiknya jangan. Es dawet lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin dan segar, sehingga sebaiknya langsung diminum setelah dibuat.

5. Apa saja variasi es campur yang bisa dibuat dengan es dawet?

Beberapa variasi es campur yang bisa dibuat dengan es dawet antara lain es campur dawet durian, es campur dawet cincau, atau es campur dawet kelapa muda.

TRENDING 🔥  Cara Bypass Cookie Sederhana

Penutup

Itulah cara mudah membuat es dawet sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Semoga dengan artikel ini, Sobat Sederhana bisa menemukan cara yang tepat untuk membuat es dawet yang enak dan segar. Jangan lupa berbagi resep ini dengan teman dan keluarga Sobat Sederhana ya. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Dawet Sederhana untuk Sobat Sederhana