Cara Membuat Es Cream Sederhana dan Mudah

Halo Sobat Sederhana! Siapa sih yang tidak suka makan es krim? Terutama di cuaca panas seperti sekarang ini. Namun, sering kali kita terkendala dengan harga yang mahal atau sulitnya mencari es krim yang sesuai dengan selera kita. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan cara membuat es krim sederhana dan mudah di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai langkah-langkah membuat es krim, ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
500 ml
Gula pasir
150 gram
Garam
sejumput
Vanili
sejumput
Whipping cream
200 ml

Pastikan semua bahan yang diperlukan sudah tersedia sebelum memulai pembuatan es krim.

Langkah-langkah Membuat Es Krim Sederhana dan Mudah

Langkah 1: Menghangatkan Susu Cair

Langkah pertama dalam pembuatan es krim ini adalah dengan menghangatkan susu cair. Tuangkan susu cair ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Aduk perlahan agar susu tidak hangus dan terbakar. Setelah susu cair terlihat hangat, matikan api dan sisihkan panci.

Langkah 2: Menambahkan Gula, Garam, dan Vanili

Selanjutnya, tambahkan gula pasir, garam, dan vanili ke dalam susu cair yang sudah hangat tadi. Aduk rata sampai semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 3: Menambahkan Whipping Cream

Tuangkan whipping cream ke dalam campuran susu cair, gula, garam, dan vanili tadi. Aduk rata sampai semua bahan benar-benar tercampur sempurna.

Langkah 4: Membekukan Campuran

Tuang campuran es krim ke dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam freezer selama 3-4 jam atau sampai campuran es krim membeku dengan sempurna. Setiap 30 menit sekali, aduk campuran es krim agar tidak terbentuk kristal es di dalamnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Butsir Sederhana

Langkah 5: Es Krim Siap Disajikan

Setelah campuran es krim membeku sempurna, es krim siap disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai dengan selera, seperti cokelat serut, kacang, atau buah-buahan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah Saya Menggunakan Susu UHT?

Bisa, tapi pastikan untuk menaikkan suhu susu agar mudah tercampur dengan bahan lainnya.

2. Haruskah Saya Menggunakan Whipping Cream?

Whipping cream adalah bahan yang penting dalam pembuatan es krim yang dapat memberikan kekentalan dan kelembutan pada es krim. Jika tidak menggunakan whipping cream, maka hasil akhir es krim tidak akan sebaik yang diharapkan.

3. Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Membuat Es Krim?

Waktu yang diperlukan untuk membuat es krim sekitar 3-4 jam.

4. Apakah Saya Harus Menggunakan Freezer untuk Membekukan Es Krim?

Ya, freezer sangat diperlukan untuk membekukan campuran es krim dan menghasilkan es krim yang sempurna.

5. Bagaimana Cara Menghindari Terbentuknya Kristal Es di dalam Es Krim?

Pastikan untuk mengaduk campuran es krim setiap 30 menit sekali selama proses pembekuan. Hal ini akan membantu menghindari terbentuknya kristal es di dalam es krim.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat es krim sederhana dan mudah di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat es krim yang enak dan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Cream Sederhana dan Mudah