Cara Membuat Es Cream Goreng Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi resep es cream goreng yang sederhana namun lezat dan menggoda untuk disantap. Es cream goreng adalah salah satu menu dessert yang sedang tren di kalangan anak muda saat ini. Tidak hanya lezat, es cream goreng juga mudah dibuat sehingga bisa dibuat sendiri di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai proses pembuatan es cream goreng, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang Sobat Sederhana butuhkan:

Bahan
Jumlah
Roti tawar
4 lembar
Es krim (pilih rasa sesuai selera)
4 scoop
Tepung roti
100 gram
Tepung maizena
50 gram
Telur ayam
2 butir
Gula pasir
50 gram
Air matang
75 ml
Air soda
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan Es Cream Goreng

Berikut adalah langkah-langkah membuat es cream goreng sederhana:

1. Siapkan Roti Tawar dan Es Krim

Pertama, siapkan roti tawar dan es krim. Potong roti tawar menjadi empat bagian dan ambil es krim sebanyak empat scoop. Pilih rasa es krim sesuai selera Sobat Sederhana.

2. Lapisi Roti Tawar dengan Es Krim

Lapisi potongan roti tawar dengan es krim hingga seluruh roti tawar terlapisi dengan es krim. Pastikan es krim menempel dengan baik pada roti tawar.

3. Dinginkan dalam Freezer

Masukkan roti tawar yang telah dilapisi dengan es krim ke dalam freezer dan biarkan beku selama minimal 1 jam. Hal ini dilakukan agar es krim dapat membeku dan menempel dengan baik pada roti tawar.

4. Campurkan Tepung Roti, Tepung Maizena, dan Gula Pasir

Selanjutnya, campurkan tepung roti, tepung maizena, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Campur Sederhana dan Enak

5. Kocok Telur Ayam

Kocok telur ayam hingga semua bahan tercampur dengan baik.

6. Tambahkan Air Matang ke dalam Adonan Telur Ayam

Tambahkan air matang ke dalam adonan telur ayam dan aduk rata.

7. Ambil Roti Tawar yang Sudah Dibekukan

Ambil roti tawar yang sudah dibekukan dari freezer.

8. Celupkan Roti Tawar ke dalam Adonan Telur Ayam

Celupkan potongan roti tawar yang sudah dibekukan ke dalam adonan telur ayam dan pastikan roti tawar terlapisi dengan adonan telur ayam.

9. Gulingkan Roti Tawar ke dalam Campuran Tepung Roti, Tepung Maizena, dan Gula Pasir

Gulingkan potongan roti tawar yang sudah dilapisi dengan adonan telur ayam ke dalam campuran tepung roti, tepung maizena, dan gula pasir. Pastikan seluruh permukaan roti tawar terlapisi dengan bahan tersebut.

10. Goreng Roti Tawar dengan Api Sedang

Goreng potongan roti tawar yang sudah dilapisi dengan campuran tepung roti, tepung maizena, dan gula pasir dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng hingga permukaan roti tawar berwarna coklat keemasan dan matang.

11. Tiriskan dan Sajikan

Tiriskan potongan roti tawar yang sudah digoreng dari minyak goreng dan siapkan di atas piring saji. Es cream goreng sederhana pun siap disajikan dan dinikmati.

FAQ

1. Apa yang membuat es cream goreng menjadi lezat?

Es cream goreng menjadi lezat karena terdiri dari es krim yang manis dan gurih serta roti tawar yang renyah dan crunchy saat digoreng. Kombinasi antara manis dan renyah inilah yang membuat es cream goreng sangat menggoda untuk disantap.

2. Bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat es cream goreng?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es cream goreng antara lain roti tawar, es krim, tepung roti, tepung maizena, telur ayam, gula pasir, air matang, air soda, dan minyak goreng.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

3. Apakah es cream goreng mudah dibuat?

Ya, es cream goreng sangat mudah dibuat. Bahkan Sobat Sederhana yang tidak terlalu mahir memasak pun dapat membuat es cream goreng dengan mudah dan cepat.

4. Bagaimana cara agar es krim tidak mencair saat digoreng?

Agar es krim tidak mencair saat digoreng, pastikan es krim dibekukan terlebih dahulu dalam freezer selama minimal 1 jam sebelum dibuat es cream goreng. Hal ini akan membuat es krim lebih kaku dan mudah dibentuk saat dilapisi pada roti tawar.

5. Apa yang bisa dijadikan alternatif topping untuk es cream goreng?

Selain sirup, Sobat Sederhana juga dapat menambahkan topping lain seperti meses, kacang, atau coklat serut pada es cream goreng untuk menambah cita rasa dan kelezatan.

Conclusion

Demikianlah resep dan cara membuat es cream goreng sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah dan bahan-bahan yang sederhana, Sobat Sederhana dapat menikmati es cream goreng yang lezat dan menggoda bersama dengan keluarga atau teman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Cream Goreng Sederhana