Cara Membuat Es Buto Ijo Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat es buto ijo sederhana yang lezat dan segar. Es buto ijo merupakan minuman tradisional dari daerah Sulawesi Selatan yang terbuat dari ketan hitam, kelapa muda, dan sirup gula merah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Ketan Hitam
100 gram
Kelapa Muda
1 buah
Sirup Gula Merah
200 ml
Garam
Secukupnya
Air Matang
500 ml
Es Batu
Secukupnya

Langkah-Langkah

1. Mengolah Ketan Hitam

Pertama-tama, rendam ketan hitam dalam air selama 2 jam. Setelah itu, kukus ketan hitam selama 30 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.

2. Membuat Sirop Gula Merah

Untuk membuat sirop gula merah, masak gula merah bersama dengan air matang dan garam hingga larut dan mengental. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin.

3. Mengolah Kelapa Muda

Potong-potong kelapa muda menjadi kecil-kecil dan campurkan dengan sedikit garam. Kukus kelapa muda selama 15 menit dan setelah itu, angkat dan biarkan dingin.

4. Memadukan Ketan Hitam, Kelapa Muda, dan Sirop Gula Merah

Campurkan ketan hitam, kelapa muda, dan sirop gula merah dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

5. Menambahkan Es Batu

Tambahkan es batu secukupnya ke dalam es buto ijo yang sudah jadi.

FAQ

1. Bisakah Menggunakan Kelapa Parut?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan kelapa parut sebagai pengganti kelapa muda. Pastikan kelapa parut sudah diperas dan diambil santannya terlebih dahulu.

2. Bagaimana Jika Tidak Ada Ketan Hitam?

Kamu bisa menggunakan ketan putih sebagai pengganti ketan hitam. Namun, perhatikan bahwa rasa dan tekstur es buto ijo akan berbeda dengan menggunakan ketan hitam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Elektroskop Sederhana dari Toples Plastik

3. Apa Saja Manfaat Es Buto Ijo?

Es buto ijo mengandung banyak nutrisi dari kelapa muda dan ketan hitam. Selain itu, es buto ijo juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penutup

Itulah tadi cara membuat es buto ijo sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa share resep ini kepada teman-temanmu ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Es Buto Ijo Sederhana