Cara Membuat Empek Empek Tanpa Ikan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Mungkin kalian yang berasal dari daerah Palembang sudah tidak asing lagi dengan makanan khas daerah ini, yaitu empek-empek. Empek-empek merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dibentuk bulat dan biasanya disajikan dengan kuah cuka yang pedas dan gurih. Namun, bagi kalian yang ingin mencoba membuat empek-empek namun tidak suka dengan ikan, kalian bisa menggunakan alternatif bahan lainnya lho. Berikut ini adalah cara membuat empek-empek tanpa ikan yang sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat empek-empek tanpa ikan, pastikan kalian menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam membuat empek-empek tanpa ikan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gr
Tepung sagu tani
250 gr
Telur ayam
2 butir
Bawang putih
5 siung
Garam
secukupnya
Air bersih
600 ml

Setelah kalian menyiapkan semua bahan, kalian bisa mulai membuat empek-empek tanpa ikan dengan langkah-langkah berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Empek-Empek Tanpa Ikan

1. Siapkan Adonan

Pertama-tama, siapkan adonan dengan mencampurkan tepung terigu, tepung sagu tani, bawang putih yang sudah dihaluskan, telur, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

2. Tambahkan Air

Selanjutnya, tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kalis. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

3. Bentuk Adonan

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan dan bentuk bulat dengan tangan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

4. Rebus Adonan

Setelah adonan terbentuk bulat, rebus adonan dalam air mendidih selama 10-15 menit. Pastikan adonan sudah matang dengan mengetesnya dengan tusuk gigi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempe Sambal Goreng Sederhana

5. Goreng Adonan

Setelah adonan direbus, goreng adonan dalam minyak panas hingga kecokelatan.

FAQ mengenai Empek-Empek Tanpa Ikan

1. Apakah Empek-Empek Tanpa Ikan lebih sehat?

Empek-empek tanpa ikan biasanya terbuat dari tepung terigu dan sagu, sehingga lebih rendah kandungan protein daripada empek-empek yang terbuat dari ikan. Namun, hal ini tidak membuat empek-empek tanpa ikan menjadi lebih sehat daripada yang terbuat dari ikan.

2. Apa alternatif bahan lain selain ikan untuk membuat Empek-Empek?

Selain ikan, kalian bisa menggunakan udang, ayam, atau daging babi cincang sebagai pengganti bahan dasar ikan dalam membuat empek-empek.

3. Apakah Empek-Empek Tanpa Ikan bisa disimpan?

Empek-empek tanpa ikan dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak mudah basi.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat empek-empek tanpa ikan yang sederhana. Meskipun terbuat dari bahan alternatif, empek-empek ini tetap memiliki rasa yang enak dan gurih. Selamat mencoba di rumah ya Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Empek Empek Tanpa Ikan Sederhana