Cara Membuat Echo Mic Sederhana

Cara Membuat Echo Mic Sederhana

Halo Sobat Sederhana, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat Echo Mic sederhana. Echo Mic adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk bernyanyi karaoke atau mengadakan acara public speaking. Echo Mic ini memungkinkan suara yang keluar dari mikrofon terdengar dengan pengulangan yang terdengar seperti gema. Mari kita simak cara membuatnya di bawah ini.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Echo Mic sederhana ini, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan dan alat yang dapat ditemukan di sekitar rumah:

  • 1 buah mikrofon
  • 1 buah speaker mini atau headphone
  • Kabel audio 3,5 mm (male to male)
  • 1 buah potensiometer 10k Ohm
  • 1 buah PCB (Printed Circuit Board)
  • Solasi atau kawat lurus
  • Tang, obeng, dan solder

Dengan bahan dan alat di atas, Sobat Sederhana sudah dapat membuat Echo Mic sederhana dengan mudah. Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Perakitan Produk

Setelah menyiapkan alat dan bahan, Sobat Sederhana dapat memulai proses perakitan Echo Mic sederhana ini dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu memotong kabel audio 3,5 mm dengan panjang sekitar 30 cm dan mengupas ujung-ujung kabel tersebut hingga terlihat kawat dalamnya.
  2. Kemudian, hubungkan mikrofon pada kabel audio yang telah dipotong menggunakan solder dan solasi. Pastikan kabel yang terhubung dengan kabel mikrofon berwarna merah terhubung ke kabel yang memiliki tulisan “R” pada jack kabel audio, sedangkan kabel yang berwarna hitam terhubung ke kabel yang memiliki tulisan “L”.
  3. Lalu, hubungkan kabel audio yang telah terhubung dengan mikrofon ke PCB menggunakan solder. Pastikan kabel yang terhubung dengan kabel mikrofon terhubung pada posisi “IN” pada PCB.
  4. Setelah itu, hubungkan speaker mini atau headphone pada PCB menggunakan solder dan solasi. Pastikan kabel yang terhubung pada speaker mini atau headphone berwarna merah terhubung ke kabel yang memiliki tulisan “R” pada PCB, sedangkan kabel yang berwarna hitam terhubung ke kabel yang memiliki tulisan “L”.
  5. Terakhir, hubungkan potensiometer 10k Ohm pada PCB menggunakan solder dan solasi. Pastikan kabel yang terhubung pada potensiometer terhubung pada posisi “OUT” pada PCB.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pemanggil Ikan Sederhana

Setelah menyelesaikan proses perakitan, Echo Mic sederhana sudah dapat digunakan. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Echo Mic sederhana ini dapat berfungsi dengan baik.

3. Penyetelan Potensiometer

Untuk dapat menghasilkan suara echo yang diinginkan, Sobat Sederhana perlu menyetel potensiometer yang telah terpasang pada PCB. Caranya adalah dengan memutar potensiometer ke arah kiri atau kanan hingga mendapatkan suara echo yang diinginkan.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Berapa harga untuk membuat Echo Mic sederhana ini?
Harga untuk membuat Echo Mic sederhana ini sangat terjangkau yaitu kurang lebih Rp50.000,- saja.
2
Apakah Echo Mic sederhana ini bisa digunakan untuk bernyanyi karaoke?
Ya, Echo Mic sederhana ini sangat cocok digunakan untuk bernyanyi karaoke.
3
Bagaimana cara menyetel potensiometer pada Echo Mic sederhana ini?
Caranya adalah dengan memutar potensiometer ke arah kiri atau kanan hingga mendapatkan suara echo yang diinginkan.

5. Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat dengan mudah membuat Echo Mic sederhana sendiri di rumah dengan biaya yang terjangkau. Echo Mic sederhana ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti bernyanyi karaoke, public speaking, atau penggunaan lainnya yang memerlukan efek suara echo.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah membaca artikel “Cara Membuat Echo Mic Sederhana” ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat Sederhana dalam membuat Echo Mic sederhana sendiri di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Echo Mic Sederhana