Cara Membuat Drone Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat drone sederhana dari barang bekas. Dengan membuat drone sendiri, kita bisa menghemat biaya dan juga mendapatkan pengalaman baru yang menarik. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan drone, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang harus disiapkan:

Alat
Bahan
Solder
Barang bekas seperti kayu, baterai, motor, dan lain-lain
Pisau
Kawat
Obeng
Remote control (jika ingin membuat drone yang bisa dikendalikan)
Pinset

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan drone.

2. Membuat Kerangka Drone

Langkah pertama dalam pembuatan drone adalah membuat kerangka. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerangka drone, namun untuk kali ini kita akan menggunakan kayu bekas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1. Memotong Kayu

Pertama-tama, potong kayu menjadi empat bagian yang sama panjang. Ukuran kayu disesuaikan dengan ukuran drone yang ingin dibuat. Setelah itu, pasangkan keempat bagian kayu dengan membentuk bentuk persegi. Gunakan solder untuk mengikat keempat bagian kayu agar terhubung dengan rapi.

2.2. Memasang Motor

Setelah kerangka terbentuk, selanjutnya pasang motor pada masing-masing bagian kerangka. Pastikan motor terpasang dengan kuat dan tidak goyang. Setelah itu, hubungkan motor dengan kawat.

2.3. Menambahkan Baling-baling

Setelah motor terpasang, selanjutnya tambahkan baling-baling pada drone. Baling-baling terdiri dari dua bagian, yaitu baling-baling atas dan baling-baling bawah. Pasang baling-baling pada motor dengan menggunakan sekrup. Pastikan baling-baling terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Power Supply Redundancy Buffer Module Sederhana

2.4. Memasang Kabel dan Baterai

Setelah baling-baling terpasang, selanjutnya pasang kabel dan baterai pada drone. Kabel digunakan untuk menghubungkan motor dengan baterai. Pastikan kabel terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

3. Menyiapkan Remote Control

Jika Sobat Sederhana ingin membuat drone yang bisa dikendalikan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan remote control. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1. Memasang Kabel pada Remote Control

Pertama-tama, belah remote control menjadi dua bagian dan pasang kabel pada bagian yang terpisah. Setelah itu, pasangkan kabel pada motor drone.

3.2. Menyiapkan Transmitter

Setelah remote control terpasang, selanjutnya siapkan transmitter. Transmitter digunakan untuk mengirimkan sinyal ke drone agar bisa dikendalikan dengan remote control. Pasangkan transmitter pada drone dengan menggunakan kabel.

4. Uji Coba Drone

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah uji coba drone. Pastikan drone sudah terhubung dengan remote control dan sudah diaktifkan. Terbangkan drone dengan hati-hati dan pastikan drone bisa terbang dengan stabil.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat drone sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat drone sederhana bervariasi tergantung dari bahan dan alat yang digunakan. Namun, dengan menggunakan barang bekas, biaya yang diperlukan bisa lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bahan baru. Secara keseluruhan, biaya yang diperlukan untuk membuat drone sederhana adalah sekitar Rp 500.000,-.

2. Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat drone sederhana?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat drone sederhana, antara lain:

  • Memilih bahan yang tepat
  • Mengukur dan memotong bahan dengan teliti
  • Menggunakan solder dengan benar
  • Menggunakan kawat yang kuat
  • Menghindari bahan yang mudah terbakar

3. Bagaimana cara mengontrol drone yang sudah dibuat?

Untuk mengontrol drone yang sudah dibuat, Sobat Sederhana bisa menggunakan remote control yang sudah disiapkan. Remote control akan mengirimkan sinyal ke drone agar bisa dikendalikan. Pastikan remote control dan drone sudah terhubung sebelum terbang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Praktikum Bell Franklin Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Drone Sederhana dari Barang Bekas