Cara Membuat Clapperboard Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat clapperboard sederhana. Clapperboard atau slate adalah alat yang digunakan di dunia film untuk menyinkronkan audio dan video ketika dilakukan pengeditan. Ada banyak jenis clapperboard yang tersedia di pasaran, tetapi untuk memulai kita akan membuat clapperboard sederhana sendiri. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah demi langkah cara membuat clapperboard sederhana. Mulai dari bahan, alat, dan langkah-langkah yang dibutuhkan.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
3 lembar karton tebal ukuran 20 x 30 cm
Pensil
Gunting
Penggaris
Lem
Stik kayu
Cat akrilik hitam
Cat brush
Kertas stiker putih

Setelah Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, kita dapat memulai langkah-langkah pembuatan clapperboard sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Clapperboard Sederhana

1. Membuat Bagan Clapperboard

Langkah pertama dalam membuat clapperboard adalah membuat bagan. Bagan ini akan membantu Sobat Sederhana dalam memotong kertas karton dengan ukuran yang tepat. Berikut adalah cara membuat bagan clapperboard:

  1. Siapkan kertas dan pensil
  2. Bagi kertas menjadi empat bagian yang sama besar dengan ukuran 10 x 15 cm. Dalam proses ini, penggaris sangat membantu agar ukuran kertas terlihat rapi.
  3. Buat tiga garis horizontal pada setiap kertas karton, yang pertama 2 cm dari bawah, yang kedua 1 cm dari atas, dan yang ketiga bertepatan di tengah kertas (pada 10 cm).
  4. Buat juga 2 garis vertikal pada setiap kertas karton yang pertama 2 cm dari tepi kiri, dan yang kedua sejajar dengan garis tengah pada kertas karton.
  5. Di sisi bawah kertas karton, di bawah garis kedua, tulis “Scene” dengan huruf besar. Di sebelah kanan “Scene”, tulis angka 01-99.
  6. Di sisi kanan kertas karton, tepat di atas garis ketiga, tulis “Take” dengan huruf besar. Di sebelah “Take”, tulis angka 01-99.
  7. Di antara garis pertama dan kedua pada kertas karton, tulis nama film atau acara.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Penampungan Air Sederhana - Sobat Sederhana

2. Membuat Clapperboard

Setelah Sobat Sederhana memiliki bagan clapperboard, langkah selanjutnya adalah membuat clapperboard. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Siapkan kertas karton yang telah dipotong menjadi empat bagian.
  2. Lemkan kertas stiker putih pada masing-masing bagian kertas seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  3. Cat kertas karton dengan cat akrilik hitam. Pastikan cat telah merata dan kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Cetak nomor “01” dengan huruf besar pada stiker putih dan tempelkan pada kertas karton pertama.
  5. Cetak nomor “02” dengan huruf besar pada stiker putih dan tempelkan pada kertas karton kedua.
  6. Lakukan hal yang sama pada bagian kertas karton yang lain dengan nomor yang berbeda.
  7. Gunting kertas stiker putih menjadi bentuk persegi panjang dan tempelkan pada bagian bawah kertas karton seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  8. Gunakan stik kayu untuk membuat suara klak ketika bagian atas dan bawah clapperboard bertemu.

3. Penggunaan Clapperboard

Clapperboard sederhana yang telah Sobat Sederhana buat akan sangat berguna ketika membuat film. Fungsi dari clapperboard adalah untuk menyinkronkan audio dan video di dalam proses pengeditan. Selain itu, clapperboard juga berfungsi untuk memberitahu kru film tentang adegan dan pengambilan yang sedang dilakukan. Berikut adalah cara menggunakan clapperboard:

  1. Sebelum melakukan pengambilan gambar, isi bagian “Scene” dan “Take” pada clapperboard dengan informasi yang sesuai.
  2. Setelah itu, minta bantuan satu orang untuk memegang clapperboard di depan kamera.
  3. Minta orang tersebut untuk membuka dan menutup clapperboard sambil menghasilkan suara klak.
  4. Setelah klak kedengaran, kru film dapat memulai pengambilan gambar.
  5. Pastikan untuk mengecek hasil rekaman sebelum melanjutkan ke pengambilan scene selanjutnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa kegunaan clapperboard?

Clapperboard berguna untuk menyinkronkan audio dan video di dalam proses pengeditan. Selain itu, clapperboard juga berfungsi untuk memberitahu kru film tentang adegan dan pengambilan yang sedang dilakukan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan JavaScript

2. Apa bahan yang dibutuhkan untuk membuat clapperboard?

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat clapperboard adalah kertas karton, kertas stiker putih, cat akrilik hitam, dan stik kayu.

3. Apa saja langkah-langkah membuat clapperboard sederhana?

Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam membuat clapperboard sederhana adalah membuat bagan clapperboard, membuat clapperboard, dan menggunakan clapperboard.

Kesimpulan

Itulah cara membuat clapperboard sederhana beserta langkah-langkah dan bahan yang dibutuhkan. Clapperboard sederhana ini dapat membantu Sobat Sederhana dalam proses pembuatan film atau video. Jangan lupa untuk selalu memeriksa hasil rekaman sebelum melanjutkan ke adegan berikutnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Clapperboard Sederhana