Cara Membuat Cardboard Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah kalian pernah mencoba membuat kerajinan tangan dari karton? Jika belum, kali ini kita akan membahas cara membuat cardboard sederhana yang bisa kalian coba sendiri di rumah.

Material yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan cardboard, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Karton
2 lembar
Penggaris
1 buah
Pensil
1 buah
Cutter
1 buah
Lem
1 botol

Cara membuat:

1. Siapkan Karton

Pertama-tama, siapkan 2 lembar karton dengan ukuran yang sama. Pastikan karton yang kalian gunakan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Kemudian, letakkan karton di atas meja dengan sisi yang akan digunakan sebagai permukaan bergambar menghadap ke atas.

2. Gambar Pola

Gambar pola pada salah satu karton dengan menggunakan pensil dan penggaris. Pilih desain atau pola yang kalian inginkan, misalnya kotak-kotak atau lingkaran-lingkaran. Pastikan pola yang kalian gambar sesuai dengan ukuran karton yang kalian gunakan.

3. Potong Pola

Setelah pola selesai digambar, gunakan cutter untuk memotong karton mengikuti pola yang sudah digambar tadi. Hat-hati saat memotong dan pastikan tangan kalian aman dari luka.

4. Susun Lapisan

Susun kedua karton yang sudah dipotong tadi menjadi sebuah lapisan. Oleskan lem pada bagian tengah karton dan ratakan dengan bantuan spatula atau jari-jemari kalian. Pastikan kedua karton saling menempel dengan rapi.

5. Selesai

Cardboard sederhana kalian sudah selesai dibuat. Kalian bisa menghias cardboard tersebut dengan cat atau stiker untuk membuatnya lebih menarik.

FAQ

1. Apa fungsi dari cardboard?

Cardboard bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tempat penyimpanan atau hiasan dinding.

2. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cardboard?

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah karton, penggaris, pensil, cutter, dan lem.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Air Sederhana dengan Dinamo

3. Apa tips agar karton yang digunakan tidak cepat rusak?

Gunakan karton yang tidak terlalu tebal atau tipis. Jangan gunakan karton yang basah atau terkena air, karena akan mudah rusak.

4. Bagaimana cara menghias cardboard yang sudah dibuat?

Kalian bisa menggunakan cat atau stiker untuk menghias cardboard menjadi lebih menarik.

5. Apa fungsi dari lem dalam pembuatan cardboard?

Lem berfungsi untuk menyatukan dua lapis karton menjadi satu kesatuan yang kokoh.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita sudah mengetahui cara membuat cardboard sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Selain itu, kita juga sudah mengetahui tips agar karton tidak cepat rusak dan cara menghias cardboard yang sudah dibuat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Cardboard Sederhana