Cara Membuat Capo Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat capo sederhana. Bagi Sobat Sederhana yang belum tahu, capo adalah alat yang digunakan pada gitar untuk memendekkan jarak antara senar dan fret sehingga nada yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan?

Sebelum kita memulai pembuatan capo sederhana ini, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kawat besi
1 buah (panjang 15 cm)
Baut kecil
2 buah
Karet gelang
2 buah
Penggaris
1 buah
Alat pemotong
1 buah

Langkah-langkah Membuat Capo Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat capo sederhana:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pastikan semuanya tersedia dan siap digunakan.

2. Potong Kawat Besi

Setelah bahan-bahan siap, potong kawat besi sesuai dengan panjang yang diinginkan yaitu sekitar 15 cm.

3. Buka Baut kecil

Buka kedua baut kecil yang telah disiapkan menggunakan alat bantu jika diperlukan.

4. Pasang Karet Gelang

Pasang karet gelang pada ujung-ujung kawat besi untuk mencegah goresan di bagian fret. Pastikan karet gelang tertempel dengan kuat, tapi jangan terlalu ketat.

5. Pasang Baut Kecil

Pasang kedua baut kecil pada kawat besi di antara kedua karet gelang. Pastikan baut-baut tersebut terpasang dengan kuat.

6. Tes Hasilnya

Sekarang, capo sederhana sudah siap digunakan. Pasang capo pada gitar diantara fret yang diinginkan dan tekan kuat. Tes hasilnya dengan memetik senar pada fret yang diinginkan dan pastikan suara yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik

FAQ

1. Apakah capo sederhana dapat digunakan pada semua jenis gitar?

Ya, capo sederhana dapat digunakan pada semua jenis gitar.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat capo sederhana ini?

Biaya yang diperlukan untuk membuat capo sederhana ini sangat murah. Semua bahan yang diperlukan bisa didapatkan dengan biaya kurang dari 50 ribu rupiah.

3. Apakah capo sederhana ini cocok untuk pemula?

Ya, capo sederhana ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar memainkan gitar. Dengan capo, pemula dapat memainkan lagu yang sulit dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Itulah cara membuat capo sederhana yang mudah dan murah. Dengan adanya capo, Sobat Sederhana dapat memainkan lagu yang sulit dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Capo Sederhana