Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Oven

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat cake sederhana tanpa oven. Ada beberapa alat dapur yang mungkin tidak dimiliki oleh semua orang, seperti oven. Namun, tidak perlu khawatir karena kita dapat membuat cake dengan bahan-bahan dan alat yang mudah ditemukan di rumah. Simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Pertama-tama, sebelum memulai membuat cake, pastikan semua alat dan bahan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Mixer
Tepung terigu
Wadah adonan
Gula pasir
Spuit atau plastik segitiga
Telur
Wadah bain marie
Mentega atau minyak sayur
Sendok takar
Baking powder
Sendok
Essence (optional)

Jangan lupa juga untuk menyiapkan loyang atau wadah yang bisa dimasukkan ke dalam rice cooker atau panci besar yang digunakan untuk bain marie.

2. Campurkan Bahan Kering

Setelah semua alat dan bahan tersedia, campurkan terlebih dahulu bahan kering seperti tepung terigu dan baking powder. Aduk rata dan sisihkan.

3. Kocok Telur dan Gula

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Ini membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit tergantung dari tipe mixer yang digunakan.

4. Campurkan Bahan Cair

Tambahkan mentega cair atau minyak sayur dan essence ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata menggunakan mixer.

5. Tambahkan Bahan Kering

Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder secara bertahap ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata menggunakan mixer hingga kental.

6. Siapkan Rice Cooker atau Panci

Siapkan rice cooker atau panci besar yang digunakan untuk bain marie. Jangan lupa untuk meletakan air di dalamnya sekitar 1-2 gelas dan diletakan di atas api agar airnya mendidih.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Excel Sederhana

7. Olesi Wadah

Olesi wadah yang akan digunakan dengan mentega atau minyak sayur agar cake tidak lengket pada saat diangkat. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam wadah dan ratakan permukaannya.

8. Mulai Proses Memasak

Letakkan wadah yang berisi adonan ke dalam rice cooker atau panci besar yang sudah berisi air dan tutupi wadah dengan lap bersih agar air tidak masuk ke dalam adonan. Setelah itu, nyalakan rice cooker atau kompor dengan api sedang dan biarkan adonan matang selama 30-45 menit.

9. Tes Kematangan

Tes kematangan cake dengan menusukkan tusukan gigi atau lidi ke dalamnya. Jika tidak ada adonan yang menempel, artinya cake sudah matang dan siap diangkat.

10. Angkat dan Hidangkan

Setelah cake matang, angkat wadah dari rice cooker atau panci dan keluarkan cake dari wadah. Tunggu sebentar hingga cake agak dingin dan siap dihidangkan.

11. Tips Membuat Cake Sederhana Tanpa Oven

12. Tepung Terigu

Selalu gunakan tepung terigu yang segar dan simpan di tempat yang kering dan sejuk. Tepung terigu yang sudah basi akan mempengaruhi rasa dan tekstur cake.

13. Gula Pasir

Pastikan gula pasir diaduk rata dengan telur menggunakan mixer hingga mengembang agar cake menjadi lembut dan empuk.

14. Cairan

Cairan yang digunakan dalam resep ini dapat diganti dengan susu cair untuk mendapatkan rasa yang lebih creamy.

15. Minyak Sayur

Jika tidak suka dengan rasa mentega, minyak sayur bisa digunakan sebagai pengganti. Namun, pastikan minyak sayur yang digunakan tidak memiliki aroma yang terlalu kuat dan khas.

16. Konversi Ukuran

Untuk memudahkan dalam mengukur bahan, Sobat Sederhana dapat menggunakan tabel konversi ukuran berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Batu Batre Bekas
1 cup
240 ml
1/2 cup
120 ml
1/3 cup
80 ml
1/4 cup
60 ml
1 sendok makan
15 ml
1 sendok teh
5 ml

17. Waktu Memasak

Waktu memasak dapat bervariasi tergantung dari jenis rice cooker atau panci yang digunakan. Jika masih belum matang setelah 45 menit, lanjutkan memasak hingga matang. Pastikan api tidak terlalu besar agar adonan tidak gosong.

18. Penyimpanan

Cake dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es selama 2-3 hari atau di suhu ruangan selama 1-2 hari.

19. Penambahan Topping

Untuk membuat cake lebih menarik, Sobat Sederhana dapat menambahkan berbagai macam topping seperti whipped cream, buah segar, atau taburan coklat.

20. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti baking powder?

Tidak bisa. Kedua bahan memiliki sifat yang berbeda sehingga tidak dapat diganti satu sama lain. Jika tidak memiliki baking powder, Sobat Sederhana dapat membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan 1 sendok teh baking soda, 2 sendok teh krim tartar, dan 1 sendok teh tepung jagung.

2. Apakah bisa membuat cake tanpa mixer?

Bisa. Menggunakan mixer hanya untuk mempercepat proses mengocok telur dan gula pasir. Sobat Sederhana dapat mengocoknya secara manual menggunakan whisk hingga mengembang dan berwarna putih pucat.

3. Apakah bisa menggunakan wajan sebagai pengganti rice cooker atau panci?

Tidak bisa. Wajan tidak dapat dibungkus dengan lap bersih seperti pada rice cooker atau panci, sehingga air dapat masuk ke dalam adonan dan membuat cake menjadi tidak matang sempurna.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Oven