Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan bolu kukus yang lezat dan gurih? Namun, bagaimana jika kita ingin membuatnya tanpa menggunakan mixer dan oven? Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan memberikan tips cara membuat bolu kukus sederhana tanpa alat-alat yang rumit. Simak terus ya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus sederhana tanpa mixer dan oven:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Telur ayam
4 butir
Santan kental
200 ml
Baking powder
1 sendok teh
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan ukur dengan tepat sesuai takaran yang tertera pada tabel di atas.

2. Ayak Tepung Terigu

Ayak tepung terigu agar tidak ada gumpalan dalam adonan. Setelah diayak, masukkan baking powder, vanili bubuk, dan garam ke dalam ayakan dan aduk rata.

3. Kocok Telur dan Gula

Pecahkan telur ayam ke dalam mangkuk yang cukup besar dan tambahkan gula pasir. Kocok menggunakan garpu atau whisk hingga tercampur rata.

4. Tambahkan Santan Kental

Tambahkan santan kental ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

5. Masukkan Tepung Terigu

Tuang campuran tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan garam ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil terus diaduk rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung dan aduk hingga benar-benar merata.

6. Tambahkan Pewarna Makanan

Jika ingin memberikan warna pada bolu kukus, tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Soto Sederhana Ala Rumahan

7. Siapkan Loyang Kukusan

Siapkan loyang yang sudah dicuci bersih dan diolesi sedikit minyak goreng. Pastikan loyang sudah direkatkan dengan tatakan kukusan di bawahnya.

8. Tuangkan Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan bolu kukus ke dalam loyang kukusan hingga setengah atau kurang lebih 3/4 penuh.

9. Kukus Bolu

Panaskan kukusan dengan api sedang hingga air mendidih. Setelah itu, masukkan loyang bolu kukus ke dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang.

10. Angkat dan Dinginkan

Jika sudah matang, angkat loyang dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum bisa disajikan. Bolu kukus sederhana tanpa mixer dan oven siap disantap!

Tips Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven

1. Campurkan Adonan dengan Lebih Banyak Udara

Jika tidak menggunakan mixer, maka kita harus memperkenalkan lebih banyak udara pada campuran telur dan gula. Oleh karena itu, kocok telur dan gula lebih lama dan lebih keras dengan garpu atau whisk sampai adonan berbusa dan meningkatkan volume. Hal ini akan membuat adonan menjadi lebih ringan dan empuk.

2. Jangan Mengaduk Terlalu Kuat

Campuran tepung harus diaduk hingga hanya tercampur rata saja. Jika diaduk terlalu kuat, maka akan membuat gluten dalam tepung terigu menjadi terlalu kuat dan bolu akan menjadi keras dan kering.

3. Gunakan Wadah yang Cukup Besar

Gunakan mangkuk yang cukup besar agar tidak ada bahan yang tercecer saat mengaduk adonan. Hal ini akan membuat proses lebih mudah dan lebih bersih.

4. Pastikan Kukusan Sudah Mendidih

Sebelum memasukkan loyang bolu ke dalam kukusan, pastikan air sudah mendidih dan kukusan sudah panas. Hal ini akan membuat proses memasak bolu menjadi lebih cepat dan merata.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menetaskan Telur Ayam

FAQ

1. Bisakah Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven Dibuat Tanpa Santan?

Tentu saja bisa. Santan hanya digunakan untuk memberikan rasa gurih pada bolu kukus. Jika tidak ingin menggunakan santan, bisa diganti dengan susu cair atau air matang.

2. Apakah Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven Akan Sama Empuknya dengan Bolu Kukus yang Dibuat dengan Mixer dan Oven?

Bolu kukus yang dibuat dengan mixer dan oven biasanya lebih empuk dan lembut dibandingkan dengan yang dibuat tanpa alat tersebut. Namun, dengan bahan yang tepat dan teknik yang benar, bolu kukus sederhana tanpa mixer dan oven juga bisa tetap empuk dan lembut.

3. Berapa Lama Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven Harus Dikukus?

Lama memasak bolu kukus sederhana tanpa mixer dan oven kurang lebih 30-40 menit. Namun, waktu memasak bisa bervariasi tergantung besar kecilnya loyang dan intensitas api pada kukusan. Untuk memastikan bolu sudah matang, bisa melakukan tes tusuk dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka bolu sudah matang.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer dan Oven