Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan Black Forest? Kue yang satu ini memang selalu memiliki penggemar setia dan terkenal dengan rasa coklatnya yang kaya dan lembut. Namun, mungkin banyak dari Sobat yang merasa kesulitan dalam membuat kue ini, terutama jika harus memanggangnya dalam oven. Tenang saja, kali ini kami akan berbagi cara membuat Black Forest kukus sederhana yang mudah dan pastinya lezat. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan Black Forest kukus sederhana, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berikut:

300 gram tepung terigu
5 butir telur
300 gram gula pasir
200 gram margarin
50 gram coklat bubuk
1 sendok makan baking powder
1 sendok teh vanilla essence
100 ml susu cair
100 gram keju parut
150 gram cherry kalengan
200 ml whipping cream
100 gram dark chocolate

Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana

Setelah semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan Black Forest kukus sederhana. Simak langkah-langkahnya berikut:

1. Siapkan Loyang

Pertama, siapkan loyang bundar dengan diameter 20 cm. Oleskan sedikit margarin pada permukaan loyang dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Pastikan loyang sudah bersih dan kering sebelum digunakan.

2. Siapkan Adonan Kue

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder dalam satu wadah. Aduk rata dan sisihkan.

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang. Tambahkan margarin cair dan vanilla essence, kemudian kocok lagi hingga rata.

Tambahkan campuran tepung terigu dan susu cair secara bergantian ke dalam adonan telur. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan adonan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Pengering Helm Sederhana

3. Panggang Kue

Setelah adonan kue siap, tuangkan ke dalam loyang bundar yang sudah disiapkan tadi. Panggang adonan dalam oven suhu 150 derajat Celcius selama 35-40 menit. Jika kue sudah matang, angkat dari oven dan biarkan dingin terlebih dahulu.

4. Hias Kue

Setelah kue sudah dingin, potong menjadi 2 atau 3 lapisan sesuai selera. Ambil whipped cream dan oleskan di setiap lapisan kue, kemudian taburi dengan keju parut dan cherry kalengan.

Untuk menghias bagian atas kue, cairkan dark chocolate dan tuangkan di atasnya. Biarkan dark chocolate mengeras dan hias kue dengan whipped cream dan cherry kalengan di atasnya. Kue Black Forest kukus sederhana siap dihidangkan!

FAQ tentang Black Forest Kukus Sederhana

1. Bisakah Menggunakan Tepung Gandum Biasa?

Bisa. Namun, untuk hasil yang lebih lembut, disarankan menggunakan tepung terigu protein sedang atau tinggi.

2. Apakah Bisa Menggunakan Oven?

Bisa. Namun, cara membuat Black Forest kukus sederhana ini menggunakan teknik kukus agar lebih mudah dan praktis.

3. Apa yang Bisa Digunakan sebagai Pengganti Cherry Kalengan?

Semua buah bisa digunakan sebagai pengganti cherry kalengan, tergantung selera. Beberapa contohnya adalah strawberry, kiwi, atau blueberry.

4. Bagaimana Agar Dark Chocolate Tidak Menggumpal?

Untuk menghindari dark chocolate menggumpal, cairkan terlebih dahulu dalam wadah yang bersih dan kering. Jangan menambahkan air atau bahan cair lainnya.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Itulah cara membuat Black Forest kukus sederhana yang mudah dan praktis untuk Sobat Sederhana. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, kue ini bisa dihasilkan di rumah dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pictogram Sederhana

Jangan lupa untuk mengunjungi artikel menarik lainnya di website kami. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa!

Cara Membuat Black Forest Kukus Sederhana untuk Sobat Sederhana