Cara Membuat ATS Genset Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat ATS genset sederhana? Berikut adalah 20 langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat ATS genset sederhana sendiri.

1. Pahami Apa Itu ATS Genset

Sebelum mulai membuat ATS genset, kamu perlu memahami apa itu ATS genset. ATS genset adalah sebuah sistem kontrol yang berfungsi untuk memastikan pasokan listrik terjaga stabil ketika terjadi pemadaman listrik atau ketika arus listrik terputus.

Sistem ini terdiri dari beberapa komponen, seperti panel kontrol, saklar otomatis, dan transfer switch. Saat terjadi pemadaman listrik, transfer switch akan bekerja dan mengalihkan sumber listrik dari jaringan umum ke genset.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan ATS genset, kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang kamu butuhkan antara lain multimeter, solder, tang, dan kabel.

Sedangkan bahan yang kamu butuhkan antara lain relay, transformer, terminal strip, dan kabel jaringan.

3. Buat Rangkaian Kontrol Utama

Tahap pertama dalam membuat ATS genset adalah membuat rangkaian kontrol utama. Rangkaian ini terdiri dari kontrol utama dan kontrol kunci. Kontrol utama digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan sumber daya listrik, sedangkan kontrol kunci digunakan untuk mengontrol generator.

Untuk membuat rangkaian kontrol utama, pertama-tama kamu harus menghubungkan terminal strip dengan relay SSR. Kemudian, hubungkan relay SSR dengan panel kontrol utama. Setelah itu, hubungkan kabel jaringan ke panel kontrol utama.

3.1 Penjelasan Lebih Detail

Untuk kontrol utama, gunakan relay SSR 40A AC 24V. Relay ini berfungsi untuk mengatur arus listrik dari jaringan utama ke genset. Relay SSR ini harus terhubung ke terminal strip. Kemudian, hubungkan terminal strip ke panel kontrol utama dengan menggunakan kabel.

TRENDING 🔥  Cara Buat Stempel dari Bahan Sederhana

Untuk kontrol kunci, gunakan relay SSR 40A DC 12V. Relay ini berfungsi untuk mengontrol genset. Relay SSR ini harus terhubung ke terminal strip yang terpisah. Kemudian, hubungkan terminal strip ke panel kontrol utama dengan menggunakan kabel.

4. Buat Rangkaian Kontrol Genset

Setelah membuat rangkaian kontrol utama, langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian kontrol genset. Rangkaian ini terdiri dari pengatur tegangan, pengatur frekuensi, dan penjaga tegangan.

Untuk membuat rangkaian kontrol genset, kamu harus menghubungkan transformer dengan panel kontrol genset. Kemudian, hubungkan kabel jaringan ke panel kontrol genset.

4.1 Penjelasan Lebih Detail

Untuk pengatur tegangan, gunakan trafo step-up 110V AC ke 220V AC. Trafo ini berfungsi untuk mengatur tegangan terhadap jaringan utama. Trafo ini harus terhubung ke panel kontrol genset melalui kabel jaringan.

Untuk pengatur frekuensi, gunakan IC 555. IC ini berfungsi untuk mengatur frekuensi output dari genset. IC ini harus terhubung ke panel kontrol genset melalui kabel jaringan.

Untuk penjaga tegangan, gunakan IC 7805. IC ini berfungsi untuk menjaga tegangan output dari genset agar tetap stabil. IC ini harus terhubung ke panel kontrol genset melalui kabel jaringan.

5. Buat Rangkaian Saklar Otomatis

Setelah membuat rangkaian kontrol utama dan genset, langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian saklar otomatis. Rangkaian ini berfungsi untuk mengalihkan sumber daya listrik dari jaringan utama ke genset ketika terjadi pemadaman listrik atau ketika arus listrik terputus.

Untuk membuat rangkaian saklar otomatis, kamu harus menghubungkan transfer switch dengan panel kontrol utama dan panel kontrol genset. Kemudian, hubungkan kabel jaringan ke transfer switch.

5.1 Penjelasan Lebih Detail

Transfer switch yang digunakan harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan daya genset. Untuk transfer switch dengan daya 30A, kamu bisa menggunakan tipe 4P 63A. Sedangkan untuk transfer switch dengan daya 60A, kamu bisa menggunakan tipe 4P 100A.

TRENDING 🔥  Cara Hidup Sederhana dan Hemat

Untuk menghubungkan transfer switch dengan panel kontrol utama dan panel kontrol genset, kamu bisa menggunakan terminal strip. Terminal strip ini harus terhubung dengan kabel jaringan.

6. Uji Coba Rangkaian ATS Genset

Setelah selesai membuat rangkaian ATS genset, langkah terakhir adalah uji coba. Uji coba ini bertujuan untuk memastikan bahwa rangkaian sudah berfungsi dengan baik.

Untuk uji coba, pastikan sumber daya listrik utama sudah dimatikan. Kemudian, hidupkan genset dan pastikan listrik dapat teralihkan ke genset secara otomatis.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
1. Apakah bisa membuat ATS genset tanpa saklar otomatis?
Tidak bisa. Saklar otomatis berfungsi untuk mengalihkan sumber daya listrik dari jaringan utama ke genset secara otomatis.
2. Berapa kapasitas transfer switch yang harus digunakan?
Kapasitas transfer switch harus sesuai dengan daya genset. Untuk daya 30A, kamu bisa menggunakan tipe 4P 63A. Sedangkan untuk daya 60A, kamu bisa menggunakan tipe 4P 100A.
3. Apakah bisa membuat rangkaian ATS genset tanpa panel kontrol genset?
Tidak bisa. Panel kontrol genset berfungsi untuk mengendalikan kinerja genset.

Semoga artikel tentang cara membuat ATS genset sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat ATS Genset Sederhana