Cara Membuat Aplikasi iOS Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu ingin membuat aplikasi iOS, tapi merasa sulit atau bahkan tidak tahu harus mulai dari mana? Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat aplikasi iOS sederhana tanpa perlu memiliki pengetahuan pemrograman mendalam. Yuk, simak pembahasannya!

Persiapan Awal

Sebelum memulai membuat aplikasi iOS, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Mac atau MacBook
  2. Xcode, software yang digunakan untuk membuat aplikasi iOS dan hanya dapat di-install di Mac atau MacBook
  3. Akun Apple Developer untuk dapat mempublikasikan aplikasi ke App Store (akun ini berbayar)
  4. Idema, platform visual untuk membuat aplikasi iOS tanpa perlu pengetahuan pemrograman. Idema dapat diakses melalui situs web resminya.

Setelah menyiapkan semua persyaratan tadi, kamu sudah siap membuat aplikasi iOS sederhana.

Membuat Projek Baru di Xcode

Buka Xcode dan pilih opsi “Create a new Xcode project”. Pilihlah opsi “App” lalu klik “Next”.

Langkah
Tindakan
1
Isi nama aplikasi dan pilih bahasa pemrograman yang ingin kamu gunakan
2
Pilihlah “Storyboard” untuk memudahkan pembuatan tampilan aplikasi
3
Klik “Next”
4
Pilihlah tempat save projek dan klik “Create”

Membuat Tampilan Aplikasi

Setelah membuat projek baru di Xcode, langkah berikutnya adalah membuat tampilan aplikasi. Untuk memudahkan kamu dalam membuat tampilan, kamu bisa menggunakan Idema. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Idema:

  1. Buka situs web Idema
  2. Pilihlah template aplikasi yang ingin kamu buat. Misalnya, template untuk aplikasi to-do list atau template untuk aplikasi pencarian restoran terdekat.
  3. Isi kolom-kolom yang tersedia sesuai kebutuhanmu, misalnya judul aplikasi, deskripsi aplikasi, dan beberapa setting lainnya.
  4. Setelah selesai mengisi kolom-kolom tersebut, kamu akan dibawa ke halaman utama Idema.
  5. Klik tombol “Preview” untuk melihat tampilan aplikasi yang telah kamu buat.
  6. Jika sudah puas dengan tampilan aplikasi, klik tombol “Export”.
  7. Kamu akan mendapatkan file “.zip” yang berisi kode HTML, CSS, dan JavaScript yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan aplikasi di Xcode.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Gambar Sederhana

Setelah mendapatkan file “.zip” dari Idema, kamu bisa mengimpor file tersebut ke dalam projek Xcode yang sudah kamu buat. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah file baru di Xcode dengan memilih opsi File > New > File…
  2. Pilihlah opsi “HTML File” lalu klik “Next”.
  3. Isi nama file dan pilihlah direktori tempat kamu ingin menyimpan file. Klik “Create”.
  4. Buka file HTML yang baru saja kamu buat.
  5. Buka file “index.html” yang sudah kamu export dari Idema.
  6. Salin kode HTML dan CSS dari file “index.html” dan “style.css” di file “.zip” yang sudah kamu export dari Idema ke dalam file HTML yang baru saja kamu buat di Xcode.
  7. Simpan file HTML yang sudah kamu edit.

Menambahkan Fitur pada Aplikasi

Selain menambahkan tampilan pada aplikasi, tentu saja kamu juga perlu menambahkan fitur-fitur pada aplikasi yang kamu buat. Berikut adalah beberapa contoh fitur yang bisa kamu tambahkan pada aplikasi iOS sederhana:

1. Menambahkan Button dan Text Field

Jika kamu ingin membuat aplikasi untuk menghitung BMI, kamu bisa menambahkan button untuk menghitung BMI dan text field untuk memasukkan berat badan dan tinggi badan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan dua buah text field dengan memilih Library > Text Field, lalu menyeret text field tersebut ke canvas aplikasi.
  2. Tambahkan satu buah button dengan memilih Library > Button, lalu menyeret button tersebut ke canvas aplikasi.
  3. Atur letak text field dan button tersebut di dalam canvas aplikasi.
  4. Selanjutnya, kamu perlu menambahkan kode program yang akan dijalankan ketika button tersebut ditekan dan mengambil nilai dari text field. Kode program tersebut bisa kamu tuliskan di dalam file “ViewController.swift” yang ada di dalam projek Xcode.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Janur Umbul Umbul Sederhana

2. Menambahkan Fitur Kamera

Kamu bisa menambahkan fitur camera pada aplikasi iOS yang kamu buat. Misalnya, kamu ingin membuat aplikasi kamera sederhana yang dapat mengambil foto dan menyimpannya ke dalam galeri foto di iPhone. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan button untuk membuka kamera dengan memilih Library > Button, lalu menyeret button tersebut ke canvas aplikasi.
  2. Atur letak button tersebut di dalam canvas aplikasi.
  3. Selanjutnya, kamu perlu menambahkan kode program yang akan dijalankan ketika button tersebut ditekan dan membuka kamera. Kode program tersebut bisa kamu tuliskan di dalam file “ViewController.swift” yang ada di dalam projek Xcode.
  4. Jika kamu ingin menyimpan foto yang diambil ke dalam galeri foto di iPhone, kamu perlu menambahkan kode program yang akan dijalankan setelah foto diambil dan menyimpan foto tersebut ke dalam galeri foto. Kode program tersebut juga ditulis di dalam file “ViewController.swift”.

Itulah beberapa contoh fitur yang bisa kamu tambahkan pada aplikasi iOS sederhana. Kamu bisa menambahkan fitur-fitur lainnya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang kamu buat.

Testing dan Publish Aplikasi

Setelah selesai membuat aplikasi iOS sederhana, kamu bisa melakukan testing pada aplikasi tersebut di simulator iOS yang sudah disediakan oleh Xcode. Untuk melakukan testing di simulator, klik tombol “Run” di toolbar Xcode.

Jika aplikasi sudah selesai diuji coba di simulator, kamu bisa mempublikasikan aplikasi tersebut ke App Store. Namun, untuk mempublikasikan aplikasi ke App Store, kamu perlu memiliki akun Apple Developer yang berbayar. Jika kamu belum memiliki akun Apple Developer, kamu bisa mengunjungi situs resminya untuk mendaftar akun tersebut.

FAQ

1. Apakah saya perlu memiliki pengetahuan pemrograman untuk membuat aplikasi iOS sederhana?

Tidak. Dengan menggunakan platform visual seperti Idema, kamu bisa membuat aplikasi iOS sederhana tanpa perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Buket Coklat Sederhana

2. Apakah saya perlu memiliki MacBook atau Mac untuk membuat aplikasi iOS?

Ya. Xcode, software yang digunakan untuk membuat aplikasi iOS, hanya dapat di-install di MacBook atau Mac.

3. Berapa biaya yang diperlukan untuk mempublikasikan aplikasi ke App Store?

Untuk mempublikasikan aplikasi ke App Store, kamu perlu memiliki akun Apple Developer yang berbayar sebesar 99 dollar per tahun.

4. Apakah saya bisa mengimpor kode HTML, CSS, dan JavaScript dari platform visual lain ke dalam Xcode?

Ya, kamu bisa mengimpor kode HTML, CSS, dan JavaScript dari platform visual lain ke dalam Xcode.

Penutup

Demikianlah cara membuat aplikasi iOS sederhana yang bisa kamu coba sendiri. Jangan ragu untuk menciptakan aplikasi unikmu agar terlihat lebih menarik dan bermanfaat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Aplikasi iOS Sederhana