Cara Membuat Antena Repeater GSM Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu memiliki masalah dengan sinyal GSM di rumah atau kantor? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara membuat antena repeater GSM sederhana yang bisa membantu meningkatkan kualitas sinyal pada perangkatmu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Antena Repeater GSM?

Sebelum membahas cara membuat antena repeater GSM sederhana, sebaiknya kamu mengenal lebih dulu tentang apa itu antena repeater GSM. Antena repeater adalah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan kualitas sinyal pada perangkat GSM, terutama pada lokasi yang jauh dari pemancar atau memiliki hambatan seperti dinding dan gedung.

Meskipun antena repeater GSM tersedia di pasaran, namun harganya yang cukup mahal membuat banyak orang enggan untuk membelinya. Maka dari itu, kami akan memberikan panduan cara membuat antena repeater GSM sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kamu memulai membuat antena repeater GSM sederhana, pastikan untuk menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan di antaranya:

Daftar Bahan
Daftar Alat
– Kawat tembaga
– Gunting
– USB modem GSM
– Kabel koaksial
– Connector SMA
– Solder
– Kabel USB
– Tang potong
– Kain lap
– Multimeter

Pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat di atas sebelum memulai membuat antena repeater GSM sederhana.

Tahap Pertama: Membuat Antena Yagi

Tahap pertama dalam cara membuat antena repeater GSM sederhana adalah membuat antena Yagi. Antena Yagi adalah jenis antena yang terdiri dari satu atau beberapa elemen dipole yang ditempatkan sejajar dengan reflektor dan antenna direktif.

Berikut cara membuat antena Yagi:

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Pembagian Aljabar

1. Potong Kawat Tembaga

Pertama, potong kawat tembaga sepanjang 30 cm untuk elemen driven, 27 cm untuk reflektor, dan 28,5 cm untuk elemen direktif.

2. Bentuk Kawat Tembaga

Setelah memotong kawat tembaga, selanjutnya kamu harus membentuknya sesuai dengan diagram berikut:

Sesuai dengan diagram di atas, kamu perlu membengkokan kawat tembaga dalam bentuk huruf U pada elemen driven hingga membentuk sudut 30 derajat. Kemudian, pada elemen direktif, kamu perlu membengkokan kawat tembaga dalam bentuk huruf V dengan sudut 30 derajat di bagian bawah.

3. Solder Kawat Tembaga

Setelah membentuk kawat tembaga sesuai dengan diagram, selanjutnya kamu perlu menyolder kawat tembaga agar rapi dan kuat. Pastikan juga untuk membersihkan sisa-sisa solder yang menempel pada antena Yagi.

4. Tes Antena Yagi

Selanjutnya, tes antena Yagi yang kamu buat dengan menggunakan multimeter. Pastikan nilai impedansi antena Yagi adalah 50 ohms.

5. Pasang Connector SMA

Selanjutnya, pasang connector SMA pada elemen driven antena Yagi. Pastikan untuk menyolder dengan rapi dan kuat agar tidak rusak saat digunakan.

Tahap Kedua: Membuat Repeater

Setelah selesai membuat antena Yagi, selanjutnya kamu perlu membuat repeater untuk meningkatkan kualitas sinyal GSM. Berikut cara membuat repeater:

1. Bongkar USB Modem GSM

Pertama, bongkar USB modem GSM yang kamu miliki dengan hati-hati dan kemudian lepaskan bagian antena internal yang ada di dalamnya.

2. Solder Kabel Koaksial

Setelah itu, solder kabel koaksial pada bagian antena internal yang telah dilepaskan. Pastikan untuk menyolder dengan rapi dan kuat agar sinyal yang diterima menjadi lebih maksimal.

3. Pasang Connector SMA

Selanjutnya, pasang connector SMA pada ujung kabel koaksial yang telah disolder tadi. Pastikan untuk menyolder dengan rapi dan kuat agar tidak rusak saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Amplas Sederhana

4. Tes Repeater GSM

Setelah selesai membuat repeater, selanjutnya tes repeater GSM yang kamu buat dengan menggunakan multimeter. Pastikan nilai impedansi repeater GSM adalah 50 ohms.

Tahap Ketiga: Merakit Antena Repeater GSM Sederhana

Setelah selesai membuat antena Yagi dan repeater, selanjutnya kamu perlu merakit antena repeater GSM sederhana. Berikut cara merakitnya:

1. Pasang Antena Yagi pada Atap

Pertama-tama, pasang antena Yagi di atas atap gedung atau rumah. Pastikan antena Yagi menghadap ke arah pemancar sinyal GSM agar sinyal yang diterima lebih maksimal.

2. Pasang Repeater di Dalam Ruangan

Selanjutnya, pasang repeater yang telah kamu buat di dalam ruangan. Pastikan repeater diletakkan di tempat yang strategis agar sinyal yang diterima lebih maksimal.

3. Sambungkan Antena Yagi dan Repeater dengan Kabel Koaksial

Terakhir, sambungkan antena Yagi dan repeater dengan menggunakan kabel koaksial. Pastikan sambungan kabel koaksial terpasang dengan kuat dan rapi agar tidak rusak saat digunakan.

FAQ

1. Apakah antena repeater GSM sederhana bisa membantu meningkatkan kualitas sinyal?

Ya, antena repeater GSM sederhana bisa membantu meningkatkan kualitas sinyal terutama pada lokasi yang jauh dari pemancar atau memiliki hambatan seperti dinding dan gedung.

2. Apakah antena repeater GSM sederhana lebih murah dibandingkan dengan antena repeater yang sudah jadi di pasaran?

Ya, antena repeater GSM sederhana lebih murah dibandingkan dengan antena repeater yang sudah jadi di pasaran. Dengan membuat antena repeater GSM sederhana, kamu bisa menghemat biaya dan juga mendapatkan sinyal yang lebih baik.

3. Apakah ada syarat khusus untuk membuat antena repeater GSM sederhana?

Tidak ada syarat khusus untuk membuat antena repeater GSM sederhana. Namun, kamu perlu memastikan bahwa antena Yagi dan repeater yang kamu buat memiliki nilai impedansi 50 ohms agar bisa digunakan secara maksimal.

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Krim Buah Naga Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Antena Repeater GSM Sederhana