Cara Membuat Antena In Door Sederhana dan Jernih

Cara Membuat Antena In Door Sederhana dan Jernih

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat antena in door sederhana dan jernih. Apa itu antena in door? Antena in door adalah antena yang digunakan dalam ruangan untuk menangkap sinyal televisi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal televisi di dalam ruangan, seperti jarak dari pemancar televisi, sekitar gedung-gedung tinggi, dan banyak lagi.

1. Pilih Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat antena in door, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan yang dibutuhkan:

No.
Nama Bahan
Jumlah
1.
Kawat tembaga
1 meter
2.
Plat tembaga
2 buah
3.
Kabel coaxial
1 meter
4.
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
5.
Balun (transformer impedansi)
1 buah
6.
Penjepit kabel
2 buah
7.
Tape isolasi
Sesuai kebutuhan

Selain itu, Anda juga membutuhkan alat untuk memotong kawat tembaga dan plat tembaga, seperti gunting atau cutter, serta solder dan soldering iron untuk menyambungkan bagian-bagian antena.

2. Buat Reflektor Antena

Reflektor antena berfungsi sebagai penangkap sinyal televisi yang dipancarkan oleh pemancar televisi. Untuk membuat reflektor antena, ikuti langkah-langkah berikut ini:

2.1 Ukur Plat Tembaga

Ukur plat tembaga dengan ukuran 40 cm x 30 cm. Gunakan gunting atau cutter untuk memotong plat tembaga sesuai ukuran yang diinginkan.

2.2 Lipat Plat Tembaga

Lipat plat tembaga menjadi dua bagian dengan sudut yang sama. Gunakan hammer untuk merapikan sudut lipatan.

2.3 Buat Lubang di Plat Tembaga

Buat lubang pada tepi lipatan plat tembaga dengan jarak 4 cm dari ujung plat tembaga. Gunakan bor atau paku untuk membuat lubang.

TRENDING 🔥  Cara Gambar Rumah 3 Dimensi Sederhana untuk Sobat Sederhana

2.4 Pasangkan Baut dan Mur

Pasangkan baut dan mur pada lubang yang sudah dibuat di plat tembaga. Gunakan kunci inggris untuk mengetatkan baut dan mur.

2.5 Pasang Balun

Pasang balun pada bagian belakang plat tembaga. Gunakan penjepit kabel untuk menahan balun pada plat tembaga.

3. Buat Dipole Antena

Dipole antena merupakan bagian penting dari antena in door. Dipole antena terdiri dari kawat tembaga yang dipotong sesuai dengan panjang gelombang sinyal televisi yang ditangkap. Berikut langkah-langkah membuat dipole antena:

3.1 Ukur Kawat Tembaga

Ukur kawat tembaga dengan panjang 15 cm x 2. Lipat kawat tembaga menjadi bentuk V dengan lebar 10 cm antara kedua ujung kawat.

3.2 Sambungkan Kawat Tembaga

Sambungkan kedua ujung kawat tembaga dengan menggunakan solder dan soldering iron. Pastikan solder menempel dengan baik pada kedua ujung kawat. Gunakan tape isolasi untuk melindungi bagian sambungan.

3.3 Pasang Dipole Antena pada Balun

Pasang dipole antena pada bagian depan balun dengan jarak 2 cm dari plat tembaga. Gunakan kunci inggris untuk mengetatkan baut dan mur pada balun.

4. Hubungkan Antena dengan TV

Setelah antena selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menghubungkan antena dengan televisi. Caranya adalah sebagai berikut:

4.1 Sambungkan Kabel Coaxial

Sambungkan kabel coaxial pada bagian belakang balun. Gunakan penjepit kabel untuk menahan kabel pada balun.

4.2 Hubungkan Kabel Coaxial dengan TV

Hubungkan kabel coaxial dengan bagian input sinyal televisi pada televisi Anda. Atur frekuensi televisi sesuai dengan frekuensi sinyal yang ingin ditangkap.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat antena in door?

Biaya yang diperlukan untuk membuat antena in door cukup terjangkau. Semua bahan yang dibutuhkan bisa ditemukan di toko bahan elektronik terdekat dengan total biaya sekitar Rp 50.000.

TRENDING 🔥  Cara Masak Tumis Kangkung Sederhana

2. Apakah antena in door dapat menangkap semua saluran televisi?

Tidak semua saluran televisi dapat ditangkap dengan antena in door. Namun, dengan memperhatikan lokasi dan arah pemasangan antena, sebagian besar saluran televisi dapat ditangkap dengan baik.

3. Apakah antena in door dapat digunakan di gedung bertingkat?

Kualitas sinyal televisi di gedung bertingkat bisa terpengaruh oleh banyak faktor, seperti jarak dari pemancar televisi dan sekitar gedung-gedung tinggi. Namun, dengan memilih lokasi yang tepat dan memperhatikan arah pemasangan antena, masih ada peluang untuk menangkap sinyal televisi yang jernih.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat antena in door sederhana dan jernih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati acara televisi dengan kualitas yang lebih baik di dalam rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Antena In Door Sederhana dan Jernih