Cara Membuat Alat Sangrai Kopi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kami harap semua baik-baik saja. Kali ini, kami akan berbagi kepada Anda bagaimana cara membuat alat sangrai kopi sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Bagi pecinta kopi, alat sangrai kopi adalah alat yang sangat penting untuk memastikan rasa kopi yang lebih nikmat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri alat sangrai kopi. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui selengkapnya tentang cara membuat alat sangrai kopi sederhana.

1. Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat alat sangrai kopi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan, termasuk:

Peralatan
Bahan
1. Baskom besar
1. Pipa PVC diameter 2 inchi dan panjang 30 cm
2. Gunting kawat
2. Tutup PVC diameter 2 inchi
3. Tang
3. Sambungan pipa PVC diameter 2 inchi
4. Bor
4. Kabel listrik
5. Gergaji besi
5. Sekrup besi
6. Kain saring
6. Kacang Arab

2. Langkah Pertama: Membuat Saringan Kopi

Langkah pertama dalam membuat alat sangrai kopi adalah membuat saringan kopi. Saringan kopi ini berfungsi untuk menampung biji kopi saat proses sangrai. Berikut adalah cara membuat saringan kopi:

1. Potong Tutup PVC

Pertama, potong tutup PVC menjadi dua bagian dengan gunting kawat atau gergaji besi. Pastikan bagian yang dipotong rata dan tepat di tengah tutup PVC.

2. Buat Lubang pada Tutup PVC

Setelah itu, buat lubang di tengah dua tutup PVC menggunakan bor. Pastikan lubang yang dibuat sesuai dengan diameter pipa PVC yang akan digunakan sebagai rangka alat sangrai kopi.

TRENDING 🔥  Cara Mudah Membuat Komponen Perubah Tegangan DC Menjadi AC Sederhana

3. Pasang Saringan Kain pada Tutup PVC

Setelah membuat lubang, pasang kain saring pada salah satu tutup PVC. Pastikan kain saring rapat dan tidak mudah terlepas dari tutup PVC.

4. Pasang Tutup PVC

Selanjutnya, pasang kedua tutup PVC yang sudah dibuat saringan kain di atasnya. Pastikan kedua tutup PVC dipasang dengan rapat dan kencang.

3. Langkah Kedua: Membuat Rangka Alat Sangrai Kopi

Setelah membuat saringan kopi, langkah selanjutnya adalah membuat rangka alat sangrai kopi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong Pipa PVC

Pertama, potong pipa PVC dengan panjang 30 cm menggunakan gunting kawat atau gergaji besi. Pipa ini akan menjadi bagian dasar alat sangrai kopi.

2. Pasang Sambungan Pipa PVC

Setelah itu, pasang sambungan pipa PVC pada salah satu ujung pipa yang sudah dipotong. Pastikan sambungan pipa PVC sudah terpasang dengan kencang.

3. Potong Kabel Listrik

Selanjutnya, potong kabel listrik menggunakan gunting. Bagian penghantar kabel ini akan digunakan sebagai pegangan alat sangrai kopi.

4. Pasang Kabel Listrik pada Pipa PVC

Pasang kabel listrik pada bagian ujung pipa PVC yang tidak memiliki sambungan. Pastikan kabel listrik terpasang dengan kencang pada pipa PVC.

5. Pasang Saringan Kopi pada Rangka Alat Sangrai Kopi

Pasang saringan kopi yang sudah dibuat pada bagian atas rangka alat sangrai kopi. Pastikan saringan kopi terpasang dengan kencang pada pipa PVC.

4. Langkah Ketiga: Membuat Alat Sangrai Kopi

Setelah saringan kopi dan rangka alat sangrai kopi sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat alat sangrai kopi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pasang Saringan Kain pada Rangka Alat Sangrai Kopi

Pasang saringan kain pada bagian bawah rangka alat sangrai kopi. Pastikan saringan kain terpasang dengan kencang pada pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Mencari Bentuk Sederhana Pangkat

2. Masukkan Biji Kopi ke dalam Alat Sangrai Kopi

Setelah itu, masukkan biji kopi ke dalam alat sangrai kopi. Pastikan biji kopi tidak melebihi kapasitas alat sangrai kopi.

3. Sangrai Biji Kopi

Sangrai biji kopi dengan menggelindingkan alat sangrai kopi pada permukaan yang rata dan tahan panas. Pastikan alat sangrai kopi digelindingkan dengan cepat dan perlahan untuk menghasilkan biji kopi yang merata.

4. Dinginkan Biji Kopi

Setelah selesai disangrai, dinginkan biji kopi dengan cara meletakkannya pada wadah yang lebar dan mencakup permukaan luas, seperti plastik atau baskom. Dinginkan biji kopi selama beberapa menit sebelum menggilingnya.

5. FAQ

1. Apakah Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Sulit Ditemukan?

Tidak, bahan-bahan yang dibutuhkan relatif mudah ditemukan dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat atau toko online.

2. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Alat Sangrai Kopi?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat sangrai kopi sekitar 1-2 jam tergantung pada skill dan pengalaman Anda dalam membuatnya.

3. Apa Saja Manfaat Membuat Alat Sangrai Kopi Sendiri?

Membuat alat sangrai kopi sendiri memiliki beberapa manfaat, antara lain menghemat biaya, mendapatkan alat yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, serta menjadi kreatif dan produktif dalam membuat sesuatu.

4. Bagaimana Jika Saringan Kain Tidak Muat di Tutup PVC?

Jika saringan kain tidak muat di tutup PVC, Anda bisa menggunakan kain saring yang lebih kecil atau membeli tutup PVC yang lebih besar.

5. Apakah Biji Kopi yang Digunakan Harus Kacang Arab?

Tidak harus. Anda bisa menggunakan jenis biji kopi lainnya yang sesuai dengan selera dan budget Anda.

TRENDING 🔥  Proses Pengolahan Air dengan Cara Sederhana

6. Kesimpulan

Itulah cara membuat alat sangrai kopi sederhana yang bisa Anda buat di rumah. Dengan membuat alat sangrai kopi sendiri, Anda bisa mendapatkan biji kopi yang lebih nikmat dan sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan hati-hati, serta menggunakan semua peralatan dengan aman dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Sangrai Kopi Sederhana