Cara Membuat Alat Penyedot Air Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat penyedot air sederhana. Alat ini sangat berguna untuk menguras air dari bak mandi, kolam, atau bahkan got yang tersumbat. Dengan membuat alat penyedot air sendiri, kita dapat menghemat biaya dan juga dapat menjadi alternatif solusi ketika alat penyedot air yang kita miliki rusak.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat alat penyedot air sederhana, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

Nama Bahan
Jumlah
Tabung PVC
1 buah, ukuran diameter 4 inci dan panjang 30 cm
Tabung PVC
1 buah, ukuran diameter 2 inci dan panjang 25 cm
Pisau
1 buah
Gunting
1 buah
Lem PVC
secukupnya
Sikat
1 buah
Isolasi listrik
secukupnya
Sealant silicone
secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Alat Penyedot Air Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat penyedot air sederhana:

1. Memotong Tabung PVC dengan Pisau

Pertama-tama, buatlah lubang kecil pada ujung tabung PVC berukuran 4 inci menggunakan pisau. Kemudian, potong tabung PVC berukuran 2 inci dengan pisau.

2. Menyambungkan Tabung PVC

Selanjutnya, sambungkan tabung PVC berukuran 2 inci ke dalam lubang yang telah dibuat pada tabung PVC berukuran 4 inci menggunakan lem PVC. Pastikan kedua tabung telah tersambung dengan erat.

3. Memotong dan Menyambungkan Selang

Potong selang dengan menggunakan gunting sepanjang 2 meter dan sambungkan salah satu ujung selang ke dalam tabung PVC berukuran 4 inci yang telah disambungkan dengan tabung PVC berukuran 2 inci menggunakan lem PVC. Sambungkan ujung selang yang lain ke alat penyedot air seperti ember atau wadah lainnya.

4. Membuat Handle

Buat handle atau pegangan pada tabung PVC berukuran 4 inci dengan menggunakan isolasi listrik. Potong isolasi listrik sepanjang 20 cm dan gulungkan pada bagian tengah tabung PVC berukuran 4 inci. Tempelkan isolasi listrik dengan silicone sealant.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tesla Coil Sederhana

5. Menyelesaikan Alat

Setelah itu, bersihkan seluruh bagian alat penyedot air dengan menggunakan sikat. Pastikan seluruh bagian telah bersih dan rapi. Alat penyedot air sederhana pun siap digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah alat penyedot air sederhana ini aman digunakan?

Ya, alat penyedot air sederhana ini aman digunakan. Namun, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya dengan benar.

2. Bagaimana cara membersihkan alat penyedot air sederhana?

Untuk membersihkan alat penyedot air sederhana, gunakan sikat dan sabun cuci piring. Bersihkan seluruh bagian alat penyedot air hingga bersih dan keringkan dengan lap kain bersih.

3. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat alat penyedot air sederhana?

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat alat penyedot air sederhana cukup terjangkau, kurang lebih sekitar Rp 50.000,- tergantung dengan harga bahan-bahan di daerah masing-masing.

4. Apakah alat penyedot air sederhana ini dapat digunakan untuk menguras air kolam renang?

Ya, alat penyedot air sederhana ini dapat digunakan untuk menguras air kolam renang. Namun, pastikan Anda telah memakai selang yang cukup panjang agar air dapat tersedot dengan baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Alat Penyedot Air Sederhana