Cara Membuat Alat Pengukur PH Air Sederhana

Hai Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat pengukur PH air sederhana. Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu PH dan kenapa pengukuran PH penting untuk dilakukan.

Apa Itu PH?

PH adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan. Skala PH berkisar dari 0 hingga 14, dengan 7 sebagai nilai netral. Nilai PH kurang dari 7 menunjukkan larutan bersifat asam, sedangkan nilai PH lebih dari 7 menunjukkan larutan bersifat basa.

Pengukuran PH sangat penting dalam berbagai kegiatan seperti pertanian, perikanan, dan industri. Kandungan PH yang tidak seimbang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, produksi ikan, dan kualitas produk industri.

Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat alat pengukur PH air sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Plat elektronik
Elektroda PH
Resistor 10k ohm
Potensiometer 10k ohm
Kabel jumper
Baterai 9 volt
Prototyping board
Transistor NPN 2N3904
LED

Langkah-Langkah Membuat Alat Pengukur PH Air Sederhana

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama, Sobat Sederhana harus mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.

2. Rangkaian Elektronik

Selanjutnya, Sobat Sederhana bisa memulai membuat rangkaian elektronik alat pengukur PH. Berikut adalah diagram rangkaian:

Setelah rangkaian selesai dirakit, Sobat Sederhana harus memperhatikan polaritas elektroda PH ketika memasangnya ke rangkaian.

3. Kalibrasi Elektroda PH

Sebelum digunakan, elektroda PH harus dikalibrasi terlebih dahulu. Kalibrasi dapat dilakukan dengan cara menyiapkan dua larutan dengan PH yang diketahui atau reference solution. Kemudian, detektor PH disetel dengan menggunakan potensiometer hingga menunjukkan nilai PH yang tepat pada kedua larutan reference ini. Setelah selesai dikalibrasi, elektroda PH siap digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Paling Sederhana untuk Mengembalikan Pukulan yang Keras adalah dengan

4. Finishing

Setelah semua proses selesai, Sobat Sederhana tinggal menempelkan alat pengukur PH diatas wadah yang ingin diukur PH-nya dan memasukkan elektroda PH ke dalam air. Nilai PH akan ditampilkan di layar plat elektronik.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat alat pengukur PH air sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat alat pengukur PH air sederhana relatif murah, berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung pada harga bahan dan alat di daerah masing-masing.

2. Apakah alat pengukur PH air sederhana bisa digunakan untuk semua jenis cairan?

Alat pengukur PH air sederhana hanya cocok untuk digunakan pada air dan cairan yang netral atau bersifat ringan asam atau basa. Untuk cairan yang bersifat sangat asam atau basa, sebaiknya menggunakan alat pengukur PH yang lebih profesional.

3. Apakah alat pengukur PH air sederhana mudah dirusak?

Alat pengukur PH air sederhana dapat mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Sebaiknya setelah digunakan, elektroda PH dicuci dengan air bersih dan keringkan. Jangan biarkan elektroda PH terkena zat kimia yang dapat merusaknya.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Alat Pengukur PH Air Sederhana