Cara Membuat Alat Musik Sederhana dengan Barang Bekas – Sobat Sederhana

Cara Membuat Alat Musik Sederhana dengan Barang Bekas – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu suka dengan musik? Apakah kamu pernah berpikir untuk membuat alat musik sendiri dengan menggunakan barang bekas? Di artikel ini, kita akan belajar cara membuat alat musik sederhana dengan barang bekas. Yuk simak!

Persiapan

Sebelum memulai membuat alat musik, kita perlu mempersiapkan beberapa bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Botol Plastik
3 buah
Karet Gelang
1 buah
Paku
5 buah
Benang
1 gulung

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Pisau
  • Tang
  • Paku

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat musik sederhana dengan barang bekas:

Langkah 1: Memotong Botol Plastik

Siapkan tiga botol plastik dan pisau. Gunting bagian atas dan bawah botol untuk membuat lubang. Potong botol plastik sisa menjadi dua bagian, bagian atas dan bawah. Lakukan langkah yang sama pada kedua botol plastik sisanya.

Langkah 2: Menjalin Benang

Jalin benang di sekitar botol plastik dengan ketebalan yang sama. Pastikan benang terjalin dengan kuat dan rata sehingga nanti saat dimainkan suaranya benar-benar terdengar.

Langkah 3: Memasang Karet Gelang

Pasang karet gelang di bagian bawah botol plastik dengan cara menjepitnya dengan dua paku. Pastikan karet gelang terpasang dengan kuat dan rapat.

Langkah 4: Menggabungkan Botol Plastik

Masukkan botol plastik atas ke dalam botol plastik bawah. Gabungkan dua botol plastik tersebut dengan memasang paku pada bagian bawah botol plastik.

Langkah 5: Memainkan Alat Musik

Setelah semua botol tergabung, kamu bisa memainkan alat musik yang telah kamu buat. Caranya dengan memukul botol plastik bagian atas dengan tangan atau benda yang keras seperti pensil atau sendok.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan Android Studio

FAQ

1. Apa yang bisa kita gunakan selain botol plastik?

Kamu bisa menggunakan bahan lain yang serupa dengan botol plastik seperti kaleng atau gelas plastik untuk membuat alat musik sederhana.

2. Apakah kita bisa menggunakan benang yang berbeda-beda ketebalan?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan benang dengan ketebalan yang berbeda untuk memberikan variasi pada suara yang dihasilkan.

3. Apakah kita bisa membuat alat musik ini dengan bahan baru?

Tentu saja! Kamu bisa mencari bahan baru yang bisa digunakan untuk membuat alat musik sederhana. Coba bereksperimen dengan bahan lain seperti botol kaca atau kayu.

Penutup

Nah, itu dia cara membuat alat musik sederhana dengan barang bekas. Tidak sulit bukan? Sekarang kamu bisa mencoba membuat alat musik sendiri dan memainkannya dengan cara yang unik dan kreatif. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Musik Sederhana dengan Barang Bekas – Sobat Sederhana