Cara Membuat Air Bersih Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat air bersih sederhana. Air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia, namun sayangnya masih banyak orang yang kesulitan mendapatkan akses ke air bersih. Oleh karena itu, kita perlu tahu cara membuat air bersih sederhana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Air Bersih

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat air bersih sederhana, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu air bersih. Air bersih adalah air yang bebas dari zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti bakteri, virus, dan bahan kimia beracun. Air bersih juga harus memiliki rasa, bau, dan warna yang baik sehingga layak dikonsumsi.

Bagaimana Cara Memastikan Air Bersih?

Agar air dapat dikatakan bersih, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

Indikator
Standar Kualitas
Rasa
Tidak berbau, tidak berasa aneh, tidak asin atau terlalu manis.
Bau
Tidak berbau atau berbau segar.
Warna
Warna bening atau kekuningan (tidak berwarna kuning atau keruh).
Ph
7 (netral).
Bakteri
Tidak terdeteksi.
Kimia
Tidak termasuk dalam 100 zat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dengan memenuhi indikator tersebut, kita dapat memastikan bahwa air yang kita konsumsi bersih dan aman bagi kesehatan. Selanjutnya, bagaimana cara membuat air bersih sederhana? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Air Bersih Sederhana

1. Penyaringan dengan Tisu

Cara yang paling sederhana untuk membuat air bersih adalah dengan menyaringnya menggunakan tisu atau kain bersih. Caranya, ambil selembar tisu atau kain bersih dan lipat menjadi beberapa lapisan. Kemudian saring air yang ingin digunakan dengan menempatkan tisu atau kain tersebut pada atas gelas atau wadah yang berisi air. Selain tisu atau kain, kamu juga bisa menggunakan kapas atau kain flanel sebagai bahan saringan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Nasi Kuning Sederhana untuk Sobat Sederhana

2. Penyaringan dengan Batu

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menyaring air menggunakan batu. Pertama-tama, cari batu yang memiliki tekstur halus dan permukaan yang rata. Kemudian cuci batu tersebut dengan bersih dan letakkan pada atas wadah yang berisi air. Tunggu beberapa saat sampai air tersaring melalui celah-celah batu, lalu ambil air yang sudah disaring.

3. Penyaringan dengan Arang Aktif

Arang aktif juga bisa digunakan sebagai bahan saringan untuk membuat air bersih. Arang aktif dapat menyerap zat-zat kimia dan toksin dari air, sehingga membuat air menjadi lebih bersih. Caranya, siapkan potongan-potongan arang aktif dan masukkan ke dalam air yang ingin disaring. Tunggu beberapa saat sampai zat-zat kimia dan toksin terserap oleh arang aktif, lalu ambil air yang sudah disaring.

4. Penyaringan dengan Tanah

Cara ini mungkin terdengar aneh, namun tanah juga bisa digunakan sebagai bahan saringan untuk membuat air bersih. Tanah dianggap dapat menyaring partikel-partikel kotoran dan bakteri dari air, sehingga lebih aman dikonsumsi. Caranya, siapkan wadah yang berisi tanah bersih dan rapatkan tanah tersebut dengan tangan atau kain hingga menjadi padat. Kemudian isi wadah tersebut dengan air dan tunggu beberapa saat sampai air tersaring melalui celah-celah tanah, lalu ambil air yang sudah disaring.

5. Penyaringan dengan Kerikil

Metode terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kerikil sebagai bahan saringan. Kerikil dapat mempercepat proses penyaringan dan menghilangkan partikel-partikel kotoran serta bakteri dari air. Caranya, siapkan wadah yang berisi kerikil bersih dan letakkan wadah tersebut pada atas wadah lain yang berisi air. Kemudian biarkan air mengalir melalui celah-celah kerikil sampai air yang keluar sudah bersih, lalu ambil air yang sudah disaring.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi ASP.NET Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa penyebab air menjadi kotor?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan air menjadi kotor, di antaranya adalah pencemaran air oleh limbah industri, limbah domestik, sampah, dan polusi lingkungan.

2. Apa bahaya jika kita mengkonsumsi air yang tidak bersih?

Jika kita mengkonsumsi air yang tidak bersih, kita bisa terkena berbagai macam penyakit, seperti diare, keracunan makanan, kolera, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan air yang kita konsumsi bersih dan aman bagi kesehatan.

3. Apa saja indikator yang harus dipenuhi agar air dapat dikatakan bersih?

Agar air dapat dikatakan bersih, harus memenuhi indikator rasa, bau, warna, ph, bakteri, dan kimia. Untuk lebih lengkapnya, silakan lihat pada table di atas.

4. Apakah air yang sudah disaring dengan cara sederhana sudah benar-benar bersih dan aman?

Metode penyaringan sederhana yang dijelaskan di atas dapat membantu membuat air menjadi lebih bersih dan aman dengan menghilangkan partikel-partikel kotoran dan bakteri. Namun, mereka tidak dapat memastikan bahwa air sudah 100% bersih dan aman karena masih mungkin terdapat zat-zat berbahaya lainnya yang tidak bisa disaring dengan metode sederhana. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa air benar-benar bersih dan aman, sebaiknya kita memperolehnya dari sumber air yang terjamin kualitasnya atau melakukan pengolahan air yang lebih kompleks.

Penutup

Itulah beberapa cara membuat air bersih sederhana yang bisa kita coba di rumah. Meskipun metode yang dijelaskan di atas dapat membantu membuat air menjadi lebih bersih, kita tetap harus berhati-hati dan memastikan bahwa air yang kita gunakan aman untuk dikonsumsi. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Sampai bertemu di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Bikin Steak Tempe Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Air Bersih Sederhana