Cara Membuat AC Sederhana dari Kipas Angin

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari cara membuat AC sederhana dari kipas angin? Jika iya, kamu berada di artikel yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat AC sederhana dari kipas angin. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat AC sederhana dari kipas angin, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan:

1.
Kipas angin
2.
Baskom plastik
3.
Es batu
4.
Pisau cutter
5.
Pisau serut
6.
Kain lap
7.
Isolasi busa
8.
Stop kontak
9.
Kabel listrik
10.
Stiker

Langkah-Langkah Membuat AC Sederhana dari Kipas Angin

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat AC sederhana dari kipas angin:

1. Siapkan Baskom Plastik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan baskom plastik yang akan digunakan sebagai tempat es batu. Pilih baskom plastik yang ukurannya sesuai dengan ukuran kipas angin yang akan kamu gunakan.

2. Potong Bagian Atas Baskom

Setelah menyiapkan baskom plastik, langkah selanjutnya adalah memotong bagian atas baskom dengan pisau cutter. Potonglah bagian atas baskom dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kipas angin yang akan kamu gunakan.

3. Siapkan Kipas Angin

Selanjutnya, siapkan kipas angin yang akan digunakan sebagai penghisap udara. Pastikan kipas angin dalam keadaan mati dan bersihkan bagian kipas dengan kain lap agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

4. Pasang Isolasi Busa pada Kipas Angin

Pasanglah isolasi busa pada kipas angin yang telah dibersihkan tadi. Letakkan isolasi busa pada bagian belakang kipas angin dan gunakan stiker untuk menempelkan isolasi busa dengan kipas angin. Isolasi busa berfungsi untuk mencegah udara yang keluar dari kipas angin tidak mengalir ke arah baskom es batu.

TRENDING 🔥  Cara Buat Seblak Kuah Sederhana

5. Siapkan Kabel Listrik dan Stop Kontak

Siapkan kabel listrik dan stop kontak yang akan digunakan untuk menghubungkan kipas angin dan stop kontak. Potong kabel listrik dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan jarak antara kipas angin dan stop kontak yang akan digunakan.

6. Pasang Kipas Angin pada Baskom

Pasang kipas angin pada baskom yang telah dipotong tadi. Letakkan kipas angin pada bagian tengah baskom dan pastikan kipas angin berada pada posisi yang tepat dan stabil.

7. Masukkan Es Batu ke dalam Baskom

Masukkan es batu ke dalam baskom yang telah dipasang kipas angin tadi. Pastikan es batu sudah cukup banyak dan menutupi seluruh bagian baskom.

8. Hubungkan Kipas Angin dengan Stop Kontak

Hubungkan kipas angin dengan stop kontak menggunakan kabel listrik yang telah dipotong tadi. Pastikan kabel listrik terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang terkelupas.

9. Hidupkan Kipas Angin

Hidupkan kipas angin dan rasakan udara dingin yang dihasilkan oleh AC sederhana yang telah kamu buat!

FAQ

1. Apakah AC sederhana dari kipas angin ini efektif?

Ya, AC sederhana dari kipas angin ini cukup efektif untuk menghasilkan udara dingin dalam ruangan kecil atau segelintir orang.

2. Apakah AC sederhana dari kipas angin ini bisa digunakan untuk ruangan yang lebih besar?

Tidak, AC sederhana dari kipas angin ini hanya efektif untuk ruangan kecil atau segelintir orang.

3. Apakah AC sederhana dari kipas angin ini hemat energi?

Ya, AC sederhana dari kipas angin ini hemat energi karena hanya menggunakan listrik untuk menggerakkan kipas angin dan tidak membutuhkan daya yang besar seperti AC konvensional.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tongseng Sederhana

4. Berapa lama es batu tahan dalam AC sederhana dari kipas angin ini?

Es batu dalam AC sederhana dari kipas angin ini dapat bertahan selama beberapa jam tergantung pada jumlah es batu dan suhu ruangan.

5. Apakah AC sederhana dari kipas angin ini sulit untuk dibuat?

Tidak, AC sederhana dari kipas angin ini cukup mudah untuk dibuat dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di atas.

Penutup

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat AC sederhana dari kipas angin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba membuat AC sederhana di rumah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan alat atau bahan yang tajam. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat AC Sederhana dari Kipas Angin