Cara Memasak Tempe Orek Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara memasak tempe orek sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Tempe orek adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Tempe yang digoreng dengan bumbu yang kaya rasa, membuat hidangan ini cocok dijadikan sebagai lauk pauk yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memasak tempe orek, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1.
Tempe
1 bungkus
2.
Bawang merah
5 siung
3.
Bawang putih
3 siung
4.
Cabe merah besar
2 buah
5.
Cabe rawit
5 buah
6.
Gula merah
50 gram
7.
Kecap manis
3 sendok makan
8.
Garam
secukupnya
9.
Air
300 ml
10.
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Tempe Orek Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah dan sederhana untuk membuat tempe orek:

1. Potong-potong tempe

Pertama, potong tempe menjadi kecil-kecil sesuai selera dan ukurannya. Kemudian, goreng tempe hingga kuning kecoklatan. Tiriskan tempe dan sisihkan.

2. Siapkan bumbu-bumbu

Iris bawang merah dan bawang putih menjadi ukuran kecil dan cincang halus cabe merah besar dan cabe rawit. Potong-potong gula merah.

3. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng pada wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan cabe merah besar dan cabe rawit, serta potongan gula merah. Aduk rata hingga bumbu matang dan tercampur sempurna.

4. Tambahkan Kecap Manis

Tambahkan kecap manis ke dalam wajan dan aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

5. Masukkan Tempe

Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk rata hingga bumbu merata. Tambahkan sedikit air agar bumbu meresap ke dalam tempe dan biarkan sebentar hingga air agak mengering.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tas dari Tali Rumpu Jepang Sederhana

6. Koreksi Rasa

Setelah air agak mengering, koreksi rasa tempe orek. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Biarkan sebentar hingga bumbu meresap dan tempe orek siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apakah Tempe Orek Bisa Disimpan di Kulkas?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana. Tempe orek bisa disimpan dalam wadah tertutup dan dimasukkan ke dalam kulkas. Namun, sebaiknya dimakan dalam waktu 2-3 hari agar rasanya tetap enak.

2. Bolehkah Menggoreng Tempe dengan Minyak Sayur?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana. Anda bisa menggoreng tempe dengan minyak sayur atau minyak goreng biasa. Namun, sebaiknya hindari menggunakan minyak kelapa karena rasanya akan terlalu kuat dan bisa mengganggu rasa tempe orek.

3. Bagaimana Jika Tidak Suka Cabe Merah Besar?

Jika Anda tidak suka pedas, Sobat Sederhana bisa mengganti cabe merah besar dengan cabai hijau besar atau menggunakan paprika. Namun, rasanya akan berbeda dengan tempe orek yang asli.

4. Bolehkah Menggunakan Gula Pasir?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana. Jika tidak memiliki gula merah, Anda bisa menggunakan gula pasir sebagai pengganti. Namun, rasanya akan berbeda dengan tempe orek yang asli karena gula merah memberikan rasa yang khas.

5. Apakah Tempe Orek Cocok untuk Anak-Anak?

Tentu saja cocok, Sobat Sederhana. Tempe orek mengandung banyak nutrisi dan protein yang baik untuk tubuh. Namun, jika anak Anda tidak suka pedas, sebaiknya kurangi jumlah cabe rawit atau jangan menggunakan cabe rawit sama sekali.

Penutup

Demikianlah cara memasak tempe orek sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Selain rasanya yang enak, tempe orek juga mengandung banyak nutrisi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Roket Api Sederhana

Cara Memasak Tempe Orek Sederhana