Cara Memasak Nasi Goreng Kecap Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Masak nasi goreng kecap sederhana bisa jadi solusi praktis untuk menu sarapan atau makan siang. Apalagi kalau sudah padat aktivitas sehari-hari, tak ingin kan kehabisan energi? Yuk, kita simak cara memasak nasi goreng kecap sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Agar bisa memasak nasi goreng kecap sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Nasi putih
2 piring
Telur ayam
2 butir
Bawang putih
2 siung
Bawang merah
2 siung
Cabai merah
3 buah
Kecap manis
3 sendok makan

Cara Memasak

Berikut ini tahapan memasak nasi goreng kecap sederhana:

1. Persiapan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan yang akan digunakan. Cuci bersih bahan-bahan seperti nasi, bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai bersih dari kotoran atau debu. Potong bawang merah, bawang putih, dan cabai merah agar mudah pada saat digoreng.

2. Menggoreng Telur

Langkah selanjutnya adalah menggoreng telur hingga setengah matang. Sobat Sederhana bisa menambahkan garam pada telur agar lebih gurih. Setelah itu, angkat telur dari wajan dan potong-potong.

3. Menumis Bahan Utama

Seterusnya, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah dengan minyak sayur hingga harum. Kemudian tambahkan nasi putih yang sudah dicuci dan masak sampai matang.

4. Menambahkan Bumbu dan Kecap Manis

Setelah nasi matang, tambahkan telur dan bumbu seperti garam, lada, dan kaldu ayam. Aduk rata dan tunggu sekitar 5 menit. Terakhir, tambahkan kecap manis sesuai selera dan aduk rata kembali.

5. Siap disajikan

Nasi goreng kecap sederhana siap dihidangkan. Sobat Sederhana bisa memadukannya dengan lauk pauk seperti ayam atau ikan, atau ditambahkan irisan tomat dan mentimun segar sebagai garnis. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pengupas Pinang Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah boleh menggunakan nasi yang sudah matang kemarin?

Tentu saja boleh, sobat sederhana. Nasi yang sudah matang kemarin bisa dijadikan bahan untuk membuat nasi goreng kecap sederhana hari ini. Pastikan untuk jangan menggunakan nasi yang terlalu lembek atau keras.

2. Apakah harus menggunakan kecap manis?

Tidak harus, sobat sederhana. Jika tidak ada kecap manis, bisa diganti dengan kecap asin atau kecap inggris untuk memberikan rasa asin pada nasi goreng.

3. Bisakah ditambahkan sayuran dalam nasi goreng kecap sederhana?

Tentu saja bisa, sobat sederhana. Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, atau kol sebagai bahan tambahan. Potong sayuran kecil-kecil agar mudah saat dimasak.

4. Apakah bisa membuat nasi goreng kecap sederhana tanpa telur?

Tentu saja bisa, sobat sederhana. Jika tidak suka dengan telur, bisa dihilangkan dari bahan-bahan utama. Namun, telur memberikan rasa gurih pada nasi goreng yang sangat nikmat.

5. Apa saja lauk pauk yang cocok ditambahkan pada nasi goreng kecap sederhana?

Banyak lauk pauk yang cocok ditambahkan pada nasi goreng kecap sederhana. Beberapa contoh lauk pauk yang cocok yaitu ayam, ikan, daging sapi, atau tahu dan tempe. Cocokkan dengan selera masing-masing ya, sobat sederhana.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Memasak Nasi Goreng Kecap Sederhana