Cara Memasak Bumbu Sate Padang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara memasak bumbu sate padang yang sangat sederhana dan enak. Bagi Sobat yang hobi memasak atau yang baru ingin belajar memasak, resep ini cocok untuk dicoba di rumah. Yuk simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, tentunya kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Daging sapi has dalam
500 gram
Bawang putih
5 siung
Bawang merah
10 butir
Cabe merah besar
5 buah
Cabe rawit
10 buah
Kunyit
2 ruas jari
Jahe
1 ruas jari
Ketumbar bubuk
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Gula merah
100 gram
Aceh powder
1 sendok makan
Air asam jawa
200 ml
Air
secukupnya
Sate tusuk
secukupnya

Semua bahan tersebut dapat Sobat sederhana beli di pasar atau supermarket terdekat. Pastikan memilih bahan yang segar dan berkualitas agar hasil masakan lebih enak.

Langkah-Langkah Membuat Bumbu Sate Padang Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bumbu sate padang sederhana:

1. Haluskan Bumbu

Pertama-tama, haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit, kunyit, dan jahe dengan menggunakan blender atau cobek. Haluskan dengan baik agar bumbu benar-benar tercampur rata.

2. Panaskan Minyak

Setelah bumbu dihaluskan, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan matang. Jangan lupa tambahkan ketumbar bubuk dan aduk rata.

3. Tambahkan Gula Merah dan Air Asam Jawa

Selanjutnya, tambahkan gula merah yang telah diserut dan air asam jawa ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sampai gula merah larut dan bumbu tercampur sempurna.

4. Tambahkan Air dan Masak Hingga Mendidih

Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan masak bumbu hingga mendidih. Setelah mendidih, biarkan api kecil dan masak bumbu hingga air menyusut dan bumbu mengental.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Bahagiakan Istri

5. Tambahkan Daging Sapi dan Aduk Rata

Tambahkan daging sapi yang telah dipotong-potong ke dalam bumbu dan aduk rata. Pastikan daging sapi tercampur rata dengan bumbu. Masak daging sapi hingga matang dan empuk.

6. Tusuk Daging Sapi pada Sate Tusuk

Setelah daging sapi matang, tusuk daging sapi pada sate tusuk hingga habis. Pastikan daging sapi terpasang dengan rapi di sate tusuk.

7. Panggang Sate

Panaskan alat panggang sate dan bakar sate hingga matang dan berwarna coklat kehitaman. Bolak-balik sate agar matang merata dan tidak gosong.

FAQ

1. Bisa gak bumbu sate padang pakai bumbu instan?

Bisa saja, tapi rasanya tidak seautentik jika dibandingkan dengan bumbu yang dibuat dari bahan segar. Sebaiknya, coba buat bumbu sate padang sederhana dari bahan segar agar hasilnya lebih enak dan autentik.

2. Bagaimana jika tidak ada air asam jawa?

Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai pengganti air asam jawa. Namun, rasanya akan sedikit berbeda.

3. Apakah sate padang sederhana ini pedas?

Iya, sate padang biasanya memang pedas. Namun, Anda dapat menyesuaikan kadar pedas sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang cara memasak bumbu sate padang sederhana. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, siapa saja dapat membuat sate padang yang lezat di rumah. Selamat mencoba, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Memasak Bumbu Sate Padang Sederhana