Cara Memasak Ayam Goreng dengan Sambal Sederhana

Cara Memasak Ayam Goreng dengan Sambal Sederhana – Artikel untuk Sobat Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Kali ini kita akan berbagi resep cara memasak ayam goreng dengan sambal sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Ya, hampir semua orang pasti suka dengan hidangan yang satu ini. Ayam goreng yang renyah dengan sambal yang pedas tentunya sangat cocok dijadikan makanan sehari-hari atau bahkan untuk acara khusus. Nah, tanpa basa-basi lagi, yuk simak cara membuat ayam goreng dengan sambal sederhana di bawah ini!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan terlebih dahulu bahwa Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan Ayam Goreng
Bahan Sambal Sederhana
1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
5 buah cabe rawit
2 buah jeruk nipis
3 siung bawang putih
3 siung bawang putih, haluskan
1 buah tomat
1 sdt garam
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya
Air matang secukupnya

Langkah-Langkah

1. Marinasi Ayam Goreng

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberi marinasi pada ayam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan ayam yang telah dipotong dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap. Setelah itu, ayam siap untuk digoreng.

2. Membuat Sambal Sederhana

Selagi menunggu ayam direndam, Sobat Sederhana dapat mulai membuat sambal sederhana. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan cabe rawit, bawang putih, tomat, garam, dan gula pasir ke dalam blender. Blender semua bahan tersebut hingga halus. Setelah itu, sambal sederhana siap untuk digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Parcel Sederhana

3. Menggoreng Ayam Goreng

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang. Tunggu hingga minyak goreng cukup panas, lalu masukkan ayam goreng ke dalam wajan. Goreng ayam dalam waktu kurang lebih 15 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan. Setelah itu, angkat ayam dari minyak goreng dan tiriskan.

4. Menyajikan Ayam Goreng dan Sambal

Setelah ayam goreng matang dan sambal sederhana siap, Sobat Sederhana dapat menyajikan kedua hidangan tersebut. Letakkan ayam goreng di atas piring saji, lalu tambahkan sambal sederhana di atasnya. Ayam goreng dengan sambal sederhana siap disantap!

FAQ

1. Bagaimana agar ayam goreng tidak lengket di wajan?

Agar ayam goreng tidak lengket di wajan, pastikan bahwa minyak goreng telah cukup panas sebelum ayam dimasukkan ke dalamnya. Selain itu, jangan terlalu sering mengaduk ayam saat digoreng agar tidak merusak kerak yang sudah terbentuk.

2. Bagaimana agar sambal sederhana tidak terlalu pedas?

Jika Sobat Sederhana tidak terlalu suka dengan makanan pedas, dapat mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan dalam pembuatan sambal sederhana. Jika masih terlalu pedas, Sobat Sederhana dapat menambahkan sedikit gula pasir untuk menetralkan rasa pedas.

3. Apakah ayam goreng dapat disimpan?

Ya, ayam goreng dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan ayam telah benar-benar dingin sebelum disimpan dan jangan lupa membungkusnya dengan rapat agar tidak terkena bau lain.

Kesimpulan

Itulah resep lengkap cara memasak ayam goreng dengan sambal sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang mudah, pastinya Sobat Sederhana dapat mencoba membuat hidangan ini di rumah dan menikmatinya bersama keluarga. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Download Tata Cara Desain Bungkus Kado Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Memasak Ayam Goreng dengan Sambal Sederhana