Cara Masak Tempe Sederhana Tapi Enak

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang tips dan trik cara masak tempe sederhana tapi enak. Tempe merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain mudah didapat, tempe juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun, tidak semua orang menyukai tempe karena rasanya yang kurang enak. Nah, kita akan membahas cara memasak tempe agar rasanya lebih enak dan tentunya sederhana untuk dilakukan.

Pilih Tempe yang Bagus

Agar masakan tempe lebih enak, pertama-tama pilihlah tempe yang bagus. Pilih tempe yang masih segar dan tidak terlalu tua. Bisa juga pilih tempe yang sudah dikemas dengan rapat dan tidak banyak berdebu. Dengan memilih tempe yang bagus, akan membuat masakan tempe lebih lezat dan gurih.

Pilih Bahan-bahan yang Tepat

Bahan-bahan yang digunakan dalam memasak tempe juga sangat berpengaruh pada rasa akhir dari masakan. Pilihlah bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Untuk resep sederhana ini, kita hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tempe, bawang putih, garam, minyak goreng, dan sedikit air. Kita bisa juga menambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera.

Rendam Tempe Terlebih Dahulu

Langkah selanjutnya adalah merendam tempe terlebih dahulu sebelum dimasak. Rendam tempe dalam air selama kurang lebih 10 menit. Rendaman air ini akan membantu membuang bau amis pada tempe dan membuatnya lebih empuk.

Gunakan Teflon atau Wajan Anti Lengket

Agar tempe tidak lengket pada wajan, lebih baik gunakan teflon atau wajan anti lengket. Panaskan wajan terlebih dahulu sebelum memasak tempe. Jika menggunakan minyak goreng, tuangkan sedikit saja pada wajan agar tidak berlebihan. Kemudian, tumis bawang putih hingga harum.

TRENDING 🔥  Cara Konfigurasi Snort Sederhana di Windows Virtualbox

Iris Tempe dengan Ukuran yang Sama

Iris tempe dengan ukuran yang sama agar matangnya merata dan tidak terlalu cepat kering. Setelah bawang putih harum, masukkan tempe ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga tempe matang merata dan berwarna kecoklatan.

Tambahkan Bumbu-bumbu Sesuai Selera

Setelah tempe matang, kita bisa menambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera. Kita bisa menambahkan kecap manis, saos sambal, atau bumbu lainnya. Aduk-aduk kembali hingga bumbu merata dan matang.

Sajikan dengan Nasi

Setelah matang, tempe siap disajikan bersama nasi hangat. Kita bisa menambahkan sayur-sayuran dan lauk-pauk lainnya sesuai selera. Selamat menikmati masakan tempe sederhana tapi enak!

Bahan-bahan
Jumlah
Tempe
1 buah
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya
Air
1 sendok makan

FAQ

1. Apakah harus merendam tempe terlebih dahulu sebelum dimasak?

Ya, merendam tempe terlebih dahulu dapat membantu membuang bau amis pada tempe dan membuatnya lebih empuk.

2. Apakah bisa menggunakan bahan-bahan lainnya selain yang tercantum dalam resep?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Namun, pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas dan segar.

3. Apakah harus mengiris tempe dengan ukuran yang sama?

Iya, mengiris tempe dengan ukuran yang sama akan membuat masakannya matang merata dan tidak terlalu cepat kering.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Masak Tempe Sederhana Tapi Enak