Cara Masak Rendang Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan hidangan khas Indonesia yang satu ini? Rendang sapi merupakan salah satu masakan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Masakan ini memakan waktu yang cukup lama untuk memasaknya, tetapi hasilnya akan sangat memuaskan dan lezat.

Di artikel ini, saya akan membahas cara masak rendang sapi sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Berikut adalah 20 langkah mudah dalam memasak rendang sapi sederhana yang enak dan nikmat.

1. Persiapan Bahan dan Bumbu

Langkah pertama dalam membuat rendang sapi sederhana adalah dengan mempersiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Berikut adalah bahan dan bumbu yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
1 kg
Santan kelapa
2 liter
Bawang merah
10 butir
Bawang putih
5 siung
Cabe merah
10 buah
Cabe rawit
15 buah
Kunyit
2 ruas jari
Jahe
2 ruas jari
Ketumbar
1 sendok teh
Lengkuas
2 ruas jari
Daun jeruk
5 lembar
Daun salam
3 lembar
Gula merah
200 gram
Garam
secukupnya
Air
secukupnya

Setelah semua bahan dan bumbu sudah disiapkan, selanjutnya Sobat Sederhana dapat mulai memasak rendang sapi sederhana.

2. Potong Daging Sapi

Langkah kedua dalam memasak rendang sapi sederhana adalah dengan memotong daging sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Potong daging sapi menjadi ukuran sedang dan tipis agar mudah dimasak.

3. Rebus Daging Sapi

Setelah potongan daging sapi sudah siap, langkah selanjutnya adalah merebus daging sapi hingga matang. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bau amis dari daging sapi. Rebus daging sapi selama 30-40 menit atau hingga matang. Setelah itu, tiriskan daging sapi dan sisihkan air rebusannya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana

4. Haluskan Bumbu

Selanjutnya haluskan semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kunyit, jahe, ketumbar, dan lengkuas. Haluskan semua bumbu hingga halus dan smooth.

5. Tumis Bumbu Halus

Setelah bumbu sudah dihaluskan, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan daun salam untuk memberikan aroma yang sedap.

6. Masukkan Daging Sapi

Selanjutnya, masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk-aduk hingga daging sapi merata dengan bumbu. Masak selama 5-10 menit agar bumbu meresap ke dalam daging sapi.

7. Tambahkan Santan Kelapa

Setelah daging sapi tercampur dengan bumbu, tambahkan santan kelapa sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk hingga santan kelapa habis. Masak rendang sapi selama 2-3 jam di atas api kecil hingga kuah rendang menyusut dan mengental. Aduk rendang sapi setiap 10-15 menit agar tidak gosong dan bumbunya meresap merata.

8. Tambahkan Gula Merah dan Garam

Setelah rendang sapi hampir matang, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Gula merah akan memberikan rasa manis yang khas pada rendang sapi, sedangkan garam akan memberikan rasa gurih yang pas.

9. Aduk Rendang Sapi

Aduk rendang sapi hingga bumbu meresap sempurna. Masak rendang sapi selama 10-15 menit lagi hingga matang. Tes rasa rendang sapi dan tambahkan gula atau garam jika diperlukan.

10. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat rendang sapi dari kompor dan sajikan di atas piring yang sudah disiapkan. Rendang sapi sederhana siap disajikan.

FAQ

1. Apa yang membuat rendang sapi khas Indonesia?

Rendang sapi memiliki rasa yang khas karena bumbunya yang berasal dari rempah-rempah khas Indonesia seperti lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, dan cabai. Selain itu, rendang sapi juga dimasak hingga kuahnya mengental dan berwarna coklat kehitaman.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan 1 6 Menjadi Satuan

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang sapi?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang sapi cukup lama yaitu sekitar 3-4 jam. Hal ini karena rendang sapi harus dimasak hingga kuahnya mengental dan bumbunya meresap sempurna ke dalam daging sapi.

3. Apakah rendang sapi bisa disimpan di dalam kulkas?

Iya, rendang sapi bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Simpan rendang sapi dalam wadah yang rapat dan simpan di dalam kulkas untuk menjaga keawetannya.

4. Apa yang bisa dijadikan pengganti daging sapi dalam rendang?

Jika Sobat Sederhana tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi daging sapi, Anda dapat menggantinya dengan daging ayam, ikan, atau tempe. Namun, tentu saja rasanya dan teksturnya akan berbeda dengan rendang sapi.

5. Apa yang membuat rendang sapi tetap tahan lama?

Rendang sapi tetap tahan lama karena bumbunya yang mengandung banyak rempah-rempah dan santan kelapa yang digunakan. Santan kelapa membantu melembutkan daging sapi dan memberikan aroma yang khas pada rendang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca artikel cara masak rendang sapi sederhana ini, Sobat Sederhana.

Cara Masak Rendang Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana