Cara Make Up Pemula Sederhana

Cara Make Up Pemula Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Sudah siap untuk belajar make up? Tidak perlu khawatir jika Anda masih pemula, karena dalam artikel ini kami akan memberikan tips-tips praktis untuk Anda yang ingin memulai make up.

1. Kenali Jenis Kulitmu Terlebih Dahulu

Sebelum mulai bermake up, pastikan kamu mengenali jenis kulitmu. Jenis kulit yang berbeda membutuhkan perawatan make up yang berbeda pula. Ada 5 jenis kulit, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif.

Setelah mengenali jenis kulitmu, kamu bisa mencari produk make up yang sesuai dengan jenis kulitmu. Produk make up yang cocok dengan jenis kulitmu bisa membantu mendukung hasil make up yang lebih baik.

Jadi, pastikan kamu tahu jenis kulitmu sebelum mulai bermake up!

Berikut adalah tabel untuk membantu kamu mengenali jenis kulitmu:

Jenis Kulit
Ciri-ciri
Kulit Normal
Halus, lembut, tidak terlalu berminyak atau kering, dan cenderung tidak memiliki masalah yang berarti.
Kulit Kering
Cenderung kusam, kasar, dan terasa kering. Rentan terhadap kerutan
Kulit Berminyak
Terlihat berkilau, pori-pori terlihat besar, dan rentan terhadap jerawat dan komedo.
Kulit Kombinasi
Bagian T-Zone (dahi, hidung, dagu) cenderung berminyak, sedangkan bagian pipi cenderung kering. Rentan terhadap jerawat dan komedo.
Kulit Sensitif
Cenderung merah, gatal, dan terasa perih. Rentan terhadap reaksi alergi terhadap bahan tertentu.

2. Persiapkan Wajahmu dengan Baik Sebelum Bersiap-siap

Sebelum mulai bermake up, pastikan wajahmu dalam kondisi bersih dan siap menerima make up. Caranya adalah dengan membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Membersihkan wajah sebelum make up sangat penting untuk menghindari iritasi dan masalah kulit lainnya.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan wajahmu:

  • Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu. Usahakan untuk memilih pembersih wajah yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Bersihkan wajahmu dengan air hangat atau es batu (jika kulitmu berminyak). Usahakan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena bisa membuat kulitmu teriritasi.
  • Keringkan wajahmu dengan lembut menggunakan handuk yang bersih dan lembut. Hindari menggosok-gosok wajah terlalu keras, karena bisa merusak kulitmu.
  • Pakai toner agar sisa-sisa kotoran pada wajahmu dapat dihilangkan dengan optimal.
  • Aplikasikan pelembab pada wajahmu, banyak jenis pelembab yang cocok digunakan sebagai make up base.

3. Mulai dengan Produk Make Up Dasar

Untuk memulai make up, kamu tidak perlu mengenakan semua jenis make up dari awal. Mulailah dengan produk make up dasar terlebih dahulu, seperti concealer, foundation, eyeliner, dan lipstik.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kandang Parkit Sederhana

Produk make up dasar bisa membantu kamu untuk menciptakan dasar make up yang sempurna, yang bisa dijadikan dasar untuk menambahkan make up lainnya. Saat membeli produk make up dasar, pastikan bahwa produk tersebut cocok dengan jenis kulitmu dan shade-skintone mu.

Di bawah ini, kami akan membahas masing-masing produk make up dasar:

Concealer

Concealer adalah produk make up yang digunakan untuk menutupi noda hitam, jerawat, dan lingkar hitam di bawah mata. Kamu bisa memilih concealer yang sesuai dengan jenis kulitmu, dan warna yang cocok dengan skintone-mu.

Cara menggunakan concealer:

  • Aplikasikan concealer pada noda hitam, jerawat atau lingkar hitam di bawah matamu dengan menggunakan kuas atau jari-jarimu.
  • Baurkan secara merata hingga concealer menyatu dengan kulitmu.
  • Jangan menggunakan terlalu banyak concealer, karena akan membuat make upmu terlihat tidak natural.

Foundation

Foundation adalah produk make up yang sangat penting, karena berfungsi sebagai dasar make up. Foundation memberikan tampilan kulit yang sempurna dan merata, dengan menutupi pori-pori dan noda pada kulit.

Pilihlah foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu dan warna skintone mu dengan baik. Ada tiga jenis foundation yang bisa kamu pilih, yaitu liquid foundation, powder foundation, atau cream foundation.

Cara menggunakan foundation:

  • Aplikasikan foundation pada seluruh wajahmu menggunakan spons atau kuas make up.
  • Baurkan foundation secara merata hingga foundation menyatu dengan kulitmu.
  • Periksa foundation di samping cahaya untuk memastikan apakah warnanya cocok dengan kulitmu atau tidak.

Eyeliner

Eyeliner adalah produk make up yang digunakan untuk membuat tampilan mata yang tegas dan tajam. Kamu bisa memilih eyeliner yang sesuai dengan preferensimu, seperti liquid eyeliner, eyeliner pensil, atau eyeliner gel.

Cara menggunakan eyeliner:

  • Gunakan tanganmu untuk menarik kelopak mata ke bawah, sehingga garis mata bisa lebih mudah ditarik.
  • Aplikasikan eyeliner dengan gerakan yang lembut dan hati-hati. Mulai dari sudut mata luar dan tarik ke dalam.
  • Dapat menciptakan efek mata lebih tajam dengan menarik garis mata sedikit ke atas pada sudut luar mata.

Lipstik

Lipstik adalah produk make up yang digunakan untuk memberi warna pada bibir. Kamu bisa memilih warna lipstik yang cocok dengan warna kulitmu atau yang sesuai dengan suasana hatimu.

Cara menggunakan lipstik:

  • Aplikasikan lipstik pada bagian tengah bibir terlebih dahulu, lalu ratakan ke bibir bagian lain.
  • Jika ingin membuat bibir tampak lebih penuh, gunakan pensil bibir pada bagian luar bibir dan ratakan dengan lipstik.
  • Hindari menggunakan lipstik terlalu banyak, karena akan membuat bibirmu terlihat berlebihan.
TRENDING 🔥  Cara Mengatur Kamar Sederhana

4. Pilih Warna Make Up yang Sesuai dengan Seasion dan Acaramu

Memilih warna make up yang cocok untuk setiap kesempatan adalah penting untuk membuat tampilan makeup-mu terlihat lebih sempurna. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih warna make up yang tepat :

  • Hindari warna make up yang terlalu mencolok untuk make up sehari-hari. Pilihlah warna yang lebih natural dan sesuai dengan warna kulitmu.
  • Untuk acara formal, kamu bisa menggunakan warna make up yang lebih gelap atau bold, seperti merah atau hitam.
  • Berikut adalah tabel yang membahas warna make up yang cocok untuk setiap jenis kesempatan:
Acara
Warna Make Up yang Cocok
Make up Sehari-hari
Warna natural, seperti nude atau pink yang soft.
Pesta
Warna yang lebih bold, seperti merah, hitam atau warna perak untuk memberikan efek glamor.
Acara Formal, seperti pernikahan
Warna nude yang lebih gelap, seperti coklat atau warna merah tua, atau warna-warna terang seperti emas untuk memberikan efek elegan.

5. Gunakan Alat-alat Make Up yang Sesuai

Setelah memilih produk make up yang cocok, pastikan juga kamu menggunakan alat-alat make up yang benar dan sesuai. Berikut adalah beberapa alat make up yang umum digunakan:

  • Brush Foundation: gunakan untuk meratakan foundation. Usahakan untuk memilih brush yang lembut dan tidak mengiritasi kulitmu.
  • Beauty Blender: digunakan untuk mem-blend foundation dan concealer. Beauty Blender juga bisa membantu menciptakan tampilan kulit yang lebih alami.
  • Blush Brush: digunakan untuk mengaplikasikan blush pada pipi. Usahakan memilih brush dengan bulu yang halus dan bisa menjaga kebersihan kulitmu.
  • Eyeliner Brush: digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner pada garis mata. Ada beberapa jenis brush eyeliner, seperti brush liner tipis dan brush liner tebal.
  • Lip Brush: digunakan untuk mengaplikasikan lipstik pada bibir. Gunakan brush dengan bulu yang lembut dan presisi untuk hasil make up yang lebih sempurna.

6. Jangan Lupa untuk Melakukan Perawatan Kulit setelah Make Up

Setelah melakukan make up, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit. Perawatan kulit setelah make up sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitmu. Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit yang bisa kamu lakukan setelah make up:

  • Bersihkan wajahmu dengan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa make up atau kotoran pada wajahmu.
  • Aplikasikan pelembab pada wajahmu untuk menjaga kelembaban kulitmu. Saat memilih pelembab, pastikan bahwa pelembab tersebut cocok dengan jenis kulitmu.
  • Gunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan munculnya bintik-bintik hitam.
TRENDING 🔥  Panduan Cara Membuat Black Powder Sederhana untuk Sobat Sederhana

7. FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulai belajar make up?

A: Iya, mempelajari make up tidak memerlukan waktu yang lama. Kamu bisa mulai belajar dari dasar-dasar make up, dan menambahkan teknik-teknik make up yang lebih canggih sedikit demi sedikit.

Q: Apa jenis concealer yang paling cocok untuk kulit kering?

A: Concealer dengan formula creamy atau balm adalah yang terbaik untuk kulit kering, karena akan membantu melembabkan kulitmu sekaligus menutupi noda-noda pada kulit.

Q: Apakah foundation itu penting?

A: Iya, foundation adalah produk make up yang sangat penting, karena berfungsi sebagai dasar make up. Foundation memberikan tampilan kulit yang sempurna dan merata, dengan menutupi pori-pori dan noda pada kulit.

Q: Apa jenis pelembab yang cocok digunakan sebagai make up base?

A: Pelembab yang mengandung SPF dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya adalah yang paling cocok digunakan sebagai make up base. Pelembab jenis ini akan membantu melindungi kulitmu dari sinar UV dan menjaga kelembaban kulitmu.

Q: Apa produk make up yang perlu dimiliki untuk pemula?

A: Produk make up dasar yang perlu dimiliki untuk pemula antara lain concealer, foundation, eyeliner, dan lipstik.

Q: Apa yang perlu diperhatikan saat memilih warna make up?

A: Perhatikan warna kulitmu, kesempatan acara, dan suasana hatimu saat memilih warna make up. Hindari warna-warna yang terlalu mencolok untuk make up sehari-hari, dan pilih warna yang lebih bold untuk acara formal.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah make up?

A: Setelah melakukan make up, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit. Bersihkan wajahmu dengan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu, gunakan toner, aplikasikan pelembab, dan gunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Make Up Pemula Sederhana