Cara Buat Tripod Fluid Head HP Sederhana

Cara Buat Tripod Fluid Head HP Sederhana – Artikel Jurnal

Halo Sobat Sederhana! Selamat datang di artikel jurnal kita kali ini yang akan membahas tentang cara membuat tripod fluid head HP sederhana. Bagi Sobat Sederhana yang suka berfotografi atau membuat video, mungkin pernah merasa kesulitan dalam memegang HP atau kamera secara stabil. Nah, dengan membuat tripod fluid head HP sederhana, Sobat Sederhana bisa memperoleh hasil yang lebih baik dan profesional dalam pembuatan konten. Mari kita bahas langkah-langkahnya secara lengkap.

1. Mengumpulkan Bahan-bahan

Sebelum memulai pembuatan, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Nama Bahan
Jumlah
Pipa PVC diameter 2 inch
2 meter
Pipa PVC diameter 1 inch
2 meter
Panji kayu 25 x 25 cm
1 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Velcro
1 roll
Plat besi
1 buah
Minyak rem
Secukupnya
Engsel pintu
2 buah

Bahan-bahan tersebut bisa Sobat Sederhana dapatkan di toko bangunan terdekat atau di online shop. Setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung memulai pembuatan tripod fluid head HP sederhana.

2. Memotong Pipa PVC

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong pipa PVC dengan ukuran tertentu. Berikut adalah ukuran yang harus Sobat Sederhana potong:

  • Pipa PVC diameter 2 inch (1 buah) dengan ukuran 60 cm
  • Pipa PVC diameter 2 inch (1 buah) dengan ukuran 25 cm
  • Pipa PVC diameter 1 inch (2 buah) dengan ukuran 20 cm
  • Pipa PVC diameter 1 inch (2 buah) dengan ukuran 5 cm

Sobat Sederhana bisa menggunakan gergaji besi atau gergaji kayu untuk memotong pipa PVC. Pastikan potongan pipa PVC tersebut rata dan tidak kasar.

3. Menyambung Pipa PVC

Setelah semua potongan pipa PVC siap, Sobat Sederhana bisa menyambungnya menggunakan baut dan mur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 60 cm dengan pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 25 cm menggunakan baut dan mur. Letakkan di bagian tengah panji kayu dan beri tumpuan dengan plat besi.
  2. Sambungkan pipa PVC diameter 1 inch yang berukuran 20 cm pada salah satu ujung pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 60 cm. Lakukan hal yang sama pada ujung lainnya. Gebuk ujung pipa PVC diameter 1 inch yang menonjol agar kedua pipa tidak lepas saat digunakan.
  3. Sambungkan pipa PVC diameter 1 inch yang berukuran 5 cm pada ujung pipa PVC diameter 1 inch yang telah disambungkan pada pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 60 cm. Gebuk ujung pipa PVC diameter 1 inch yang menonjol agar pipa tidak lepas saat digunakan.

Setelah semua pipa PVC disambungkan, tripod fluid head HP sederhana sudah mulai terbentuk. Namun, kita masih perlu menambahkan beberapa komponen agar tripod tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

4. Menambahkan Velcro

Agar HP atau kamera dapat menempel dengan stabil pada tripot, kita bisa menambahkan velcro pada salah satu sisi pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 60 cm. Langkahnya sangat mudah, Sobat Sederhana hanya perlu memotong velcro dengan ukuran yang sesuai, lalu menempelkannya pada pipa PVC tersebut.

5. Menambahkan Engsel Pintu

Agar tripod fluid head HP sederhana dapat digerakkan dengan mudah, kita perlu menambahkan engsel pintu pada bagian bawah pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 25 cm. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Rekatkan salah satu bagian engsel pintu pada pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 25 cm menggunakan lem kayu.
  2. Rekatkan bagian lainnya pada panji kayu menggunakan lem kayu.
  3. Lakukan hal yang sama pada ujung lainnya.

Setelah engsel pintu terpasang, tripod fluid head HP sederhana sudah hampir selesai. Namun, kita masih perlu menambahkan satu komponen lagi.

6. Menambahkan Minyak Rem

Agar gerakan pada tripod fluid head HP sederhana dapat lebih halus, kita perlu menambahkan minyak rem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tutup minyak rem pada botol.
  2. Tuangkan minyak rem pada pipa PVC diameter 2 inch yang berukuran 25 cm.
  3. Goyangkan tripod fluid head HP sederhana agar minyak rem merata.

Setelah semua langkah selesai, tripod fluid head HP sederhana sudah siap digunakan. Sobat Sederhana bisa mencoba memasang HP atau kamera pada velcro yang telah dipasang, lalu menggerakkan tripod sesuai kebutuhan. Semoga hasilnya dapat memuaskan.

FAQ

1. Berapa total biaya yang diperlukan untuk membuat tripod fluid head HP sederhana?

Biaya total yang diperlukan adalah sekitar Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- tergantung dari harga bahan-bahan di daerah masing-masing.

2. Apakah tripod fluid head HP sederhana ini cukup kokoh?

Ya, jika semua bahan dipilih dengan baik dan proses pembuatannya dilakukan dengan teliti, maka tripod fluid head HP sederhana ini akan cukup kokoh untuk menopang HP atau kamera Anda.

3. Apakah perlu membuat tripod fluid head HP yang lebih besar untuk kamera yang lebih berat?

Iya, jika Anda ingin menggunakan kamera yang lebih berat, sebaiknya membuat tripod fluid head HP yang lebih besar dan kokoh agar lebih aman dan stabil saat digunakan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Tripod Fluid Head HP Sederhana

TRENDING 🔥  Cara Makeup Natural dengan Bahan Sederhana