Cara Buat Termometer Sederhana

Hello Sobat Sederhana, di artikel ini kita akan membahas cara membuat termometer sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Dengan termometer sederhana ini, kamu bisa mengukur suhu secara akurat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Air raksa
1 ml
Pipa kaca
1 buah
Thermometer biasa
1 buah
Lem tembak
secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat termometer sederhana:

1. Siapkan pipa kaca

Pertama-tama, siapkan pipa kaca dengan memotongnya menjadi panjang sekitar 20 cm. Bersihkan pipa kaca dengan menggunakan alkohol atau cuka agar permukaannya tidak berminyak.

2. Isi pipa kaca dengan air raksa

Isi pipa kaca dengan air raksa sebanyak 1 ml. Gunakan pipet untuk memasukkan air raksa ke dalam pipa kaca. Pastikan pipa kaca terisi penuh hingga tidak ada udara yang tersisa di dalamnya.

3. Pasang thermometer biasa

Pasang thermometer biasa di samping pipa kaca dengan lem tembak. Pastikan thermometer berada di sebelah pipa kaca dan tidak terlalu dekat atau jauh dari pipa kaca.

4. Tinggal gunakan

Sekarang termometer sederhana sudah siap digunakan. Untuk mengukur suhu, letakkan termometer pada suhu yang ingin diukur dan tunggu beberapa menit hingga air raksa berhenti bergerak. Baca suhu yang ditunjukkan oleh thermometer biasa dan kamu sudah mendapatkan hasil pengukuran suhu dengan termometer sederhana yang kamu buat sendiri.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apakah termometer sederhana ini akurat?

A: Ya, termometer sederhana ini relatif akurat. Namun, pastikan thermometer biasa yang kamu gunakan dalam keadaan baik dan tidak rusak agar akurasinya tetap terjaga.

TRENDING 🔥  Cara Menata Rumah Sederhana

Q: Apakah aman menggunakan air raksa dalam pembuatan termometer sederhana ini?

A: Penggunaan air raksa dalam pembuatan termometer sederhana memang bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan menggunakan sarung tangan dan melakukan proses dengan hati-hati agar tidak terjadi tumpahan atau penguapan air raksa yang dapat membahayakan kesehatan.

Q: Apa yang harus dilakukan jika terjadi tumpahan air raksa?

A: Jika terjadi tumpahan air raksa, segera bersihkan area tumpahan dengan menggunakan bahan yang menyerap seperti serbuk gergaji atau tepung jagung. Jangan menyentuh tumpahan air raksa dengan tangan telanjang, gunakan sarung tangan atau plastik untuk membersihkannya.

Penutup

Itulah cara membuat termometer sederhana yang mudah dan murah. Dengan cara ini, kamu bisa mengukur suhu di sekitarmu secara akurat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Termometer Sederhana