Cara Buat Tempat Cuci Piring Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Mencuci piring merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang wajib dilakukan setiap hari. Namun, seringkali kita kesulitan dalam mencari tempat cuci piring yang sederhana, mudah dibuat dan tak memakan tempat di dapur. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara membuat tempat cuci piring sederhana yang dapat dipraktikkan di rumah.

Bahan dan Alat yang Diperlukan

Untuk membuat tempat cuci piring sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat sebagai berikut:

Bahan
Alat
Kayu
Gergaji
Paku
Palu
Lem kayu
Gunting
Plastik
Pensil
Pipa PVC
Segitiga

Langkah-Langkah Membuat Tempat Cuci Piring Sederhana

1. Pilih bahan kayu yang akan digunakan

Sebelum memotong kayu, Sobat Sederhana harus memastikan ukuran kayu yang dibutuhkan untuk membuat tempat cuci piring. Kayu yang baik digunakan adalah kayu yang cukup kuat dan awet seperti kayu jati atau mahoni.

2. Potong kayu sesuai ukuran

Setelah menentukan ukuran kayu yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memotong kayu menggunakan gergaji sesuai ukuran yang diinginkan. Pastikan permukaan potongan kayu rata dan halus.

3. Pasang pipa PVC sebagai tempat air

Setelah kayu dipotong, Sobat Sederhana dapat memasang pipa PVC sebagai tempat air. Lubangi kayu dengan ukuran yang sama dengan pipa PVC, lalu masukkan pipa PVC ke dalam lubang tersebut. Jangan lupa untuk menempelkan pipa PVC dengan lem kayu agar tidak mudah lepas.

4. Pasang plastik sebagai tempat sabun dan spons

Setelah pipa PVC terpasang, Sobat Sederhana dapat memotong plastik dengan ukuran yang sama dengan kayu. Pasang plastik dengan menempelkannya pada permukaan kayu menggunakan lem kayu. Bagian yang ditempelkan tersebut dapat dijadikan sebagai tempat sabun dan spons.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Pohon Sederhana

5. Pasang kaki tempat cuci piring

Terakhir, Sobat Sederhana dapat memasang kaki tempat cuci piring agar tidak mudah tergelincir dan tetap stabil. Gunakan paku dan palu untuk memasang kaki ke permukaan kayu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah kayu jati atau mahoni harus digunakan dalam membuat tempat cuci piring?

Tidak harus, Sobat Sederhana dapat menggunakan jenis kayu yang lain asalkan cukup kuat dan awet.

2. Apakah pipa PVC bisa diganti dengan bahan lain?

Bisa, Sobat Sederhana dapat menggunakan bahan pipa yang mudah didapat seperti pipa paralon atau pipa PVC yang lebih kecil. Namun, pastikan pipa yang digunakan cukup kuat untuk menahan beban air.

3. Apakah plastik dapat bertahan lama?

Bila plastik yang digunakan cukup tebal dan tahan air, maka plastik tersebut dapat bertahan lama.

Conclusion

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat membuat tempat cuci piring sederhana dan praktis yang dapat diaplikasikan di rumah. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Tempat Cuci Piring Sederhana