Cara Buat Tahu Kress Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Gimana hari kamu hari ini? Semoga baik ya. Kali ini, kita akan membahas cara membuat tahu kress sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Tahu kress adalah salah satu jenis tahu yang sangat populer di Indonesia, terutama karena rasanya yang enak dan gurih. Selain itu, tahu kress juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tumis, sop, dan sayur. Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan mari kita belajar membuat tahu kress sendiri di rumah.

Apa itu Tahu Kress?

Tahu kress adalah salah satu jenis tahu yang terbuat dari kedelai dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Tahu kress biasanya dijual dalam bentuk kotak, dan memiliki tekstur yang lebih padat daripada tahu biasa. Selain itu, tahu kress juga memiliki rasa yang lebih gurih karena telah dipadatkan selama proses pembuatannya.

Keuntungan Mengkonsumsi Tahu Kress

Tahu kress memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh
  2. Membantu mengontrol kadar gula darah
  3. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
  4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  5. Meningkatkan konsentrasi dan memori

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan tahu kress, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Kedelai
500 gram
Air
2 liter
Garam
1 sendok makan
Pengental susu
2 sendok makan
Air perasan jeruk nipis
2 sendok makan

Catatan:

Untuk memudahkan proses pembuatan tahu kress, kamu bisa menggunakan blender atau mesin pengolah makanan lainnya. Selain itu, pastikan kamu menggunakan kedelai yang berkualitas baik untuk menghasilkan tahu kress yang lezat dan enak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sambal Ikan Teri Sederhana

Langkah-Langkah Membuat Tahu Kress Sederhana

1. Rendam Kedelai

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam kedelai dalam air selama minimal 6 jam. Pastikan kedelai yang kamu gunakan telah dicuci bersih dan bebas dari kotoran atau benda asing lainnya. Setelah merendam selama 6 jam, tiriskan dan cuci kembali kedelai dengan air bersih.

2. Blender Kedelai

Setelah kedelai sudah dicuci bersih dan direndam, masukkan kedelai ke dalam blender atau mesin pengolah makanan. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kedelai terhalus secara merata. Pastikan tekstur kedelai yang dihasilkan tidak terlalu cair dan tidak terlalu padat.

3. Rebus Kedelai

Setelah kedelai sudah dihaluskan, tuang kedelai ke dalam panci yang telah diisi air. Pastikan jumlah air yang kamu gunakan melebihi jumlah kedelai agar tahu kress yang dihasilkan lebih padat. Tambahkan garam dan pengental susu ke dalam panci, lalu aduk hingga merata.

4. Tambahkan Jeruk Nipis

Dalam proses pembuatan tahu kress, penggunaan air jeruk nipis sangat penting untuk memperkuat koagulasi pada susu kedelai. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam panci, lalu aduk hingga merata.

5. Panaskan Panci

Panaskan panci dengan api sedang, dan aduk terus-menerus hingga susu kedelai terlihat mengental. Pastikan api yang kamu gunakan tidak terlalu besar agar tahu kress tidak gosong dan kehilangan rasa gurihnya.

6. Saring Kedelai

Setelah susu kedelai mengental, matikan api dan siapkan wadah yang telah dialasi dengan kain saring atau kain kasa halus. Tuangkan susu kedelai yang telah mengental ke dalam wadah, lalu biarkan hingga airnya tersaring dan tersisa ampas kedelai yang padat.

7. Bentuk Tahu Kress

Setelah kamu berhasil menyaring susu kedelai, saatnya membentuk tahu kress. Ambil sejumput ampas kedelai yang telah tersaring, lalu tekan-tekan dengan kuat sampai padat dan bentuk menjadi kotak-kotak kecil sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Obor Sederhana

8. Dinginkan Tahu Kress

Jika kamu sudah berhasil membentuk tahu kress, sekarang saatnya dinginkan dalam air bersih selama kurang lebih 15 menit.

FAQ:

1. Apa yang membuat tahu kress berbeda dengan tahu biasa?

Tahu kress memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang lebih gurih daripada tahu biasa, karena telah dipadatkan selama proses pembuatannya.

2. Apakah tahu kress lebih sehat daripada tahu biasa?

Tahu kress memiliki kandungan protein yang sama dengan tahu biasa, namun lebih rendah kadar lemak dan kalorinya. Selain itu, tahu kress juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

3. Apa saja manfaat mengkonsumsi tahu kress?

Tahu kress memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya meningkatkan sistem imun tubuh, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan konsentrasi dan memori.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu kan cara membuat tahu kress sederhana? Prosedur pembuatannya memang terlihat rumit, tapi sebenarnya tidak sulit kok. Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian, kamu pasti bisa membuat tahu kress yang lezat dan enak di rumah. Selamat mencoba ya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Tahu Kress Sederhana