Cara Buat Steak Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini saya akan membagikan resep cara membuat steak sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Steak adalah hidangan daging yang sangat terkenal di seluruh dunia dan menjadi salah satu kuliner favorit banyak orang. Namun, seringkali kita merasa kesulitan untuk membuat steak di rumah karena membutuhkan teknik dan bahan yang khusus. Tapi, jangan khawatir karena dalam artikel ini saya akan memberikan cara membuat steak yang sederhana dan mudah diikuti. Yuk, simak artikel berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum kita mulai melakukan cara membuat steak sederhana ini, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
2 potong
Garam
Secukupnya
Lada hitam
Secukupnya
Mentega
1 sendok makan
Bawang putih
3 siung
Parsley
Secukupnya

Dengan persiapan bahan yang cukup dan lengkap, maka cara buat steak sederhana ini akan lebih mudah dilakukan.

Langkah-Langkah Membuat Steak Sederhana

1. Siapkan daging sapi

Langkah pertama dalam cara membuat steak sederhana adalah menyiapkan daging sapi. Pastikan daging sapi yang akan digunakan memiliki kualitas yang baik agar steak yang dihasilkan juga berkualitas. Potong daging sapi menjadi bagian yang tidak terlalu tebal agar mudah dipanggang dan matang secara merata.

2. Lumuri daging sapi dengan bumbu

Setelah siapkan daging sapi, lumuri daging sapi dengan garam dan lada hitam secukupnya. Hal ini bertujuan agar steak yang dihasilkan terasa lebih gurih dan nikmat. Pastikan bumbu merata pada permukaan daging sapi.

3. Panaskan mentega di atas wajan

Langkah selanjutnya dalam cara membuat steak sederhana adalah memanaskan mentega di atas wajan. Pastikan mentega telah meleleh dan wajan cukup panas sehingga steak yang dimasak bisa matang sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Buat Rumah Sederhana dari Stik Es Krim

4. Masukkan daging sapi ke wajan

Setelah mentega meleleh dan wajan cukup panas, masukkan daging sapi ke dalam wajan. Pastikan daging sapi berada di posisi yang benar agar steak bisa matang secara merata. Biarkan steak menggoreng sampai warnanya berubah kecoklatan.

5. Balik steak

Setelah salah satu sisi steak telah matang, balik steak ke sisi yang lainnya. Biarkan steak menggoreng sampai warnanya berubah kecoklatan juga di sisi yang lainnya. Jangan terlalu sering membalik steak agar steak matang secara merata dan tidak mudah keras.

6. Tambahkan bawang putih dan parsley

Setelah steak matang, tambahkan bawang putih yang telah dicincang dan parsley di atas steak. Bawang putih dan parsley akan memberikan aroma dan rasa yang lebih segar pada steak.

7. Angkat steak dari wajan

Setelah steak selesai dimasak, angkat steak dari wajan dan sajikan pada piring saji. Steak siap untuk dinikmati.

FAQ Tentang Cara Buat Steak Sederhana

1. Apakah steak harus dicuci sebelum dimasak?

Tidak, sebaiknya tidak mencuci steak sebelum dimasak. Hal ini akan membuat daging sapi kehilangan rasa dan tekstur yang diinginkan. Cukup bersihkan permukaan daging sapi dengan tisu dapur atau kain bersih.

2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak steak?

Waktu memasak steak tergantung dari ketebalan daging sapi yang digunakan. Untuk daging sapi tipis, waktu memasak sekitar 2-3 menit dalam setiap sisi. Namun, untuk daging sapi yang tebal, waktu memasak bisa mencapai 5-7 menit di setiap sisi.

3. Apakah mentega perlu digunakan dalam cara membuat steak sederhana?

Ya, mentega memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat pada steak. Namun, jika Sobat Sederhana tidak suka atau alergi terhadap mentega, bisa diganti dengan minyak sayur atau minyak zaitun.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Fettucini Sederhana

4. Apakah bumbu-bumbu lain bisa ditambahkan dalam cara membuat steak sederhana?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa menambahkan berbagai bumbu lain seperti rosemary, thyme, atau paprika untuk memberikan varian rasa pada steak.

5. Bagaimana cara memeriksa kematangan steak?

Untuk memeriksa kematangan steak, Sobat Sederhana bisa menggunakan tangan atau termometer daging. Bagi yang sudah berpengalaman, bisa memeriksa kematangan steak dengan cara menekan permukaannya dengan jari. Steak yang sudah matang akan terasa kenyal dan mengembang. Sedangkan untuk menggunakan termometer daging, steak yang masih mentah memiliki suhu 50-55 derajat Celsius, sedangkan steak yang sudah matang memiliki suhu 65-70 derajat Celsius.

Penutup

Demikianlah cara membuat steak sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dalam cara buat steak sederhana ini, perhatikan bahan yang dipilih dan teknik memasak agar steak yang dihasilkan terasa lebih nikmat dan lezat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Steak Sederhana